Bersiap "New Normal", KAI Siapkan Protokol untuk Penumpang & Karyawan

Image title
Oleh Ekarina
18 Mei 2020, 09:26
Antisipasi New Normal, KAI Siapkan Protokol untuk Penumpang & Karyawan.
ANTARA FOTO/Paramayuda/aww.
Rangkaian KRL Commuterline melintas di samping masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2020). PT KAI melakukan sejumlah persiapan menyambut skenario The New Normal di lingkup perusahaan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan sejumlah persiapan menyambut skenario The New Normal di lingkungan perusahaan. Hal ini guna menindaklanjuti arahan Menteri BUMN melalui surat bernomor S-336/MBU/05/2020 tentang antisipasi skenario kondisi normal baru (New Normal) BUMN. 

“Kami sedang mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan new normal," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (17/5).

Didiek menjelaskan, protokol tersebut akan mengatur langkah-langkah atau tahapan yang akan diterapkan perusahaan mengantisipasi new normal yang akan dimulai pada 25 Mei 2020.

(Baca: Baca:"New Normal" BUMN, Pegawai di Bawah 45 Tahun Berkantor Usai Lebaran)

Selain untuk pelayanan kepada pelanggan, protokol juga akan mengatur pekerja berusia di bawah 45 tahun untuk masuk kantor seperti biasa namun tetap memperhatikan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masing-masing wilayah kerja.

“Meskipun sebagian karyawan yg berusia di atas 45 tahun masih WFH, termasuk pembagian WFO (work from home) secara bergantian dan disiplin phisycal distancing, namun kami tetap berkomitmen menjaga produktifitas seluruh pekerja KAI,” katanya.

Sampai saat ini KAI fokus pada layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) di Jawa, KA Lokal, KRL, dan KA angkutan barang.

Dalam pengoperasiannya, KAI tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19 yang diawasi oleh Satgas Covid-19 perusahaan yang sudah dibentuk sejak Maret 2020.

Khusus untuk layanan kereta api penumpang, KAI akan tetap mengikuti perkembangan sesuai dengan aturan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...