Hal yang Perlu Anda Tahu Seputar Gizi Saat Puasa

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
18 Mei 2020, 15:35
aqua
dok. Aqua

Pada bulan Ramadan, masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus sejak azan subuh sampai maghrib. Perubahan pola makan ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman kita saat berbuka dan sahur.

Hal yang perlu diperhatikan ketika berpuasa adalah keseimbangan gizi. Asupan yang dianjurkan banyak dikonsumsi adalah karbohidrat, kemudian sayuran, buah, serta protein hewani dan nabati. (Baca juga : Sahur Lezat dan Bergizi, Ini Resepnya)

Advertisement

Tak hanya itu, tubuh juga membutuhkan asupan air yang cukup agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik, terlebih selama bulan Ramadan. Pada saat berpuasa, asupan air dalam tubuh menjadi berkurang.

Etika makan ketika berbuka puasa juga harus diperhatikan. Pastikan Anda tidak tergesa-gesa, alias tidak langsung makan dalam jumlah besar. Untuk membatalkan puasa Anda dapat meminum segelas air mineral berkualitas seperti AQUA terlebih dulu supaya lambung siap menerima makanan. Menurut British Nutrition Foundation, setelah jeda lima hingga sepuluh menit, menyantap kudapan manis alami dalam jumlah wajar dapat membantu Anda untuk mengembalikan stamina tubuh.

Tubuh memerlukan beberapa asupan utama pada saat berbuka puasa. Misalnya, makanan kaya cairan, rendah lemak, dan mengandung gula alami. British Nutrition Foundation merekomendasikan beberapa makanan dan minuman yang tepat, antara lain :

1. Air mineral. Mengutip Institue of Medicine’s Food and Nutrition Board, kebutuhan air bagi perempuan sekitar 2,7 liter per hari sedangkan laki-laki 3,7 liter. Pastikan pula air yang diminum terjaga kemurniannya, seperti air mineral AQUA.
2. Buah-buahan sebagai sumber alami gula dan vitamin lainnya.
3. Kurma. Menjadi santapan berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad, kurma menjadi pilihan tepat untuk berbuka puasa karena mengandung gula alami untuk mengembalikan energi. Buah yang tumbuh di daerah bersuhu tinggi ini menyediakan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan serta merupakan sumber serat.
4. Sup. Menu buka puasa di banyak negara Arab ini merupakan cara ringan untuk berbuka puasa dan mengganti cairan tubuh, serta menyediakan nutrisi dan energi.

(Baca juga : Konten Seru Ramadan dalam Genggaman)

Kalori dan Hidrasi

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement