Rupiah Menguat ke Level 14.700 per Dolar AS karena BI Tahan Suku Bunga

Agatha Olivia Victoria
19 Mei 2020, 17:04
rupiah, bank indonesia, nilai tukar, keputusan BI, bunga acuan
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi. Rupiah sore ini menguat bersama mata uang Asia lainnya.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot sore ini, Selasa (19/5) menguat 0,54% ke level Rp 14.770 per dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah kian perkasa usai keputusan Bank Indonesia dalam mempertahankan bunga demi menjaga rupiah sangat tepat.

Bersamaan dengan rupiah, mayoritas mata uang Asia pun menguat. Mengutip Bloomberg, dolar Hong Kong naik 0,01%, dolar SIngapura 0,11%, dolar Tawian 0,12%, won Korea Selatan 0,58%, peso Filipina 0,35%, rupee India 0,36%, yuan Tiongkok 0,03%, ringgit Malaysia 0,55%, dan baht Thailand 0,34%. Sedangkan hanya yen Jepang yang melemah 0,11%.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar rate yang dipublikasikan BI pada pukul 10.00 WIB turut menempatkan mata uang Garuda menguat 62 poin ke level Rp 14.823 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menilai keputusan BI sudah tepat dengan mempertahankan bunga acuan di level 4,5%. "Yang harus diperhatikan saat ini adalah menambah stimulus baru,  seperti yang dilakukan Bank Sentral AS dan Bank Sentral Eropa," ujar Ibrahim kepada Katadata.co.id, Selasa (19/5).

(Baca: BI Tahan Bunga Acuan 4,5% demi Jaga Rupiah di Tengah Gejolak Corona)

Dengan stimulus baru diharapkan  akan ada sinkronisasi antara bank sentral global. Walaupun menahan suku bunga, Ibrahim menjelaskan terdapat empat kebijakan BI yang pro dengan pasar. Pertama, menyediakan likuiditas bagi perbankan dalam restrukturisasi kredit UMKM dan usaha mikro di lembaga  keuangan.

Kedua, mempertimbangkan pemberian jasa giro atas giro wajib minimum bank yang ada di BI. Ketiga, memperkuat operasi moneter dan pendalaman pasar keuangan syariah. Keempat mendorong percepatan implementasi ekonomi dan keuangan digital melalui kolaborasi antar-bank dan fintech melebarkan akses UMKM dan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...