Ada Transaksi Jumbo Penjualan Bank Permata, IHSG Sesi I Turun 0,42%

Image title
20 Mei 2020, 13:38
ihsg hari ini, ihsg sesi i, saham bank permata, akuisisi bank permata
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
IHSG sesi I hari ini, Rabu (20/5), turun 0,42% ke level 4.529,62. Perdagangan sesi I diwarnai transaksi jumbo akuisisi saham Bank Permata oleh Bangkok Bank.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) turun 0,42% ke level 4.529,62 pada perdagangan sesi I Rabu (20/5). Pada sesi I ini Bursa Efek Indonesia (BEI) membukukan transaksi jumbo hingga mencapai Rp 35,85 triliun dari transaksi penjualan saham PT Bank Permata Tbk kepada Bankok Bank.

Nilai tersebut berasal dari perdagangan 28,07 miliar unit saham. Besarnya nilai transaksi ini, didorong oleh transaksi akuisisi Bank Permata oleh Bangkok Bank senilai Rp 33,3 triliun di pasar non-reguler yang melibatkan 24,7 miliar unit saham.

Usai transaksi tersebut, saham Bank Permata ditutup menguat 1,59% menyentuh level Rp 1.280 per saham. Sedangkan salah satu pemiliknya yang menjual Bank Permata, PT Astra International Tbk (ASII) turun 1,27% di level Rp 3.900 per saham.

Adapun, pada awal perdagangan IHSG sempat naik tipis 0,28% ke level 4.561,55. Meski demikian laju indeks sesuai dengan prediksi beberapa analis yakni bergerak bervariasi dengan potensi terkoreksi.

(Baca: Rumor Rampungnya Akuisisi Kerek Saham Bank Permata dan Astra )

Salah satu sentimen positif yang akan menopang laju indeks hari ini masih terkait pengembangan vaksin virus corona yang disebut-sebut semakin nyata. Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai bahwa sentimen vaksin cukup sensitif menggerakan market ke depannya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...