Astra Financial Restrukturisasi Pembiayaan Rp 21,9 Triliun

Image title
20 Mei 2020, 15:08
Petugas FIFGROUP melayani konsumen yang mengajukan restrukturisasi pembiayaan. Astra Financial restrukturisasi 792.000 nasabah terdampak pandemi corona dengan total outstanding pembiayaan Rp 21,9 triliun.
Dokumentasi Astra Financial
Petugas FIFGROUP melayani konsumen yang mengajukan restrukturisasi pembiayaan. Astra Financial restrukturisasi 792.000 nasabah terdampak pandemi corona dengan total outstanding pembiayaan Rp 21,9 triliun.

Astra Financial merestrukturisasi kredit nasabah yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19. Restrukturisasi ini dijalankan oleh tiga perusahaan pembiayaan yang bernaung di bawah Astra Financial.

Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin menjelaskan, sejak pemerintah mengumumkan program restrukturisasi 24 Maret 2020 lalu, yang diikuti oleh kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan langsung bergerak cepat melaksanakan program restrukturisasi.

Program ini dijalankan oleh tiga perusahaan pembiayaan Astra Financial, yakni PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Toyota Astra Financial Services (TAF), dan PT Federal International Finance (FIFGROUP).

"Hingga 17 Mei atau 1,5 bulan setelah diimplementasikan, total restrukturisasi yang disetujui di tiga perusahaan pembiayaan Astra Financial, mencapai Rp 21,9 triliun kepada 792.000 nasabah,” ujar Suparno dalam acara Silaturahim dan Sharing Session bersama Pemimpin Redaksi, Rabu (20/5).

Secara nasional, OJK mencatat hingga 17 Mei 2020 perusahaan pembiayaan telah melakukan restrukturisasi 1.793.352 kontrak, dengan outstanding pembiayaan mencapai Rp 52,9 triliun. Artinya, total restrukturisasi sebesar 21,9 triliun yang dijalankan tiga anak usaha Astra Financial ini mencapai 41% dari total industri pembiayaan Indonesia.

Secara rinci, restrukturisasi Astra Financial dibagi menjadi dua segmen, yakni untuk pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua. Untuk kendaraan roda empat, dijalankan oleh ACC dan TAF, sementara untuk pembiayaan roda dua dijalan oleh FIFGROUP.

Untuk ACC, restrukturisasi pembiayaan bertajuk Program Simpati Bencana Covid-19 telah dilakukan terhadap 78.000 kontrak, dengan outstanding pembiayaan sebesar Rp 11 triliun.

(Baca: Multifinance Pangkas Target Pembiayaan Baru Akibat Pandemi Corona)

PresidenDirektur ACC Siswadi, mengatakan bahwa upaya restrukturisasi yang dijalankan merupakan bukti perusahaan mampu memberikan solusi secara menyeluruh kepada pelanggan.

Solusi ini tidak hanya soal pembiayaan, melainkan saat nasabah dalam kondisi sulit akibat pandemi corona, perusahaan tetap mampu memberikan solusi. Restrukturisasi di ACC diberi nama Program Simpati Bencana Covid-19.

ACC juga memudahkan nasabah dalam melakukan restrukturisasi, karena bisa dilakukan secara online, tidak perlu ke kantor cabang. Nasabah cukup mendaftarkan rescheduling melalui surat elektronik atau e-mail.

Perusahaan pembiayaan Astra Financial lainnya, yang juga menjalankan pembiayaan roda empat, TAF menyatakan telah merestrukturisasi 30.933 konttrak hingga 17 Mei 2020. Presiden Direktur TAF Agus Prayitno menjelaskan, total outstanding pembiayaan yang direstrukturisasi mencapai Rp 4,2 triliun.

Sementara dari segmen roda dua, hingga 17 Mei 2020 FIFGROUP menyatakan telah menyetujui relaksasi terhadap 683.000 nasabah, dengan total nilai mencapai Rp 6,7 triliun.

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya mengungkapkan, dengan jaringan yang tersebari di seluruh Indonesia FIFGROUP terus berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah, di tengah situasi sulit akibat pandemi corona ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...