Pemerintah Gandeng Blibli Dorong Transaksi UMKM di Tengah Pandemi

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Agustiyanti

20/5/2020, 18.10 WIB

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng e-commerce Blibli, membuat kanal khusus bagi pelaku UMKM.

Perajn memproduksi kerajinan rotan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (14/5/2020). Presiden Joko Widodo menerapkan lima skema besar dalam program perlindungan dan pemulihan ekonomi di sektor UMKM saat pandemi COVID-19, termasuk merumuskan program khu
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ilustrasi. Pemerintah mencatat baru terdapat 8 juta dari 64 juta UMKM yang bermigrasi dari offline ke online.

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng e-commerce Blibli, membuat kanal khusus bagi pelaku UMKM. Transaksi e-commerce yang melonjak selama pandemi corona diharapkan dapat dimanfaatkan bagi para pengusaha kecil itu.  

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, masa pandemi harus disiasati pelaku UMKM untuk bermigrasi ke pasar online. "Pak Jokowi beri arahan ke saya, beliau punya visi ke depan, digitalisasi UMKM. Saat ini (pandemi) jadi momentum percepat transformasi dari offline ke online," kata dia. 

Meski demikian, menurut dia, bermigrasi saja tak cukup lantaran persaingan yang ketat. UMKM tetap harus mendorong peningkatan kualitas. 

(Baca: Pemerintah Beri Insentif Pajak untuk Pengusaha Hadapi Corona Rp 123 T)

Kementerian mencatat baru terdapat 8 juta dari 64 juta UMKM yang bermigrasi dari offline ke online. Untuk itu, ia menargetkan lebih banyak lagi UMKM bermigrasi ke online. 

CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan selama pandemi, transaksi untuk produk khusus UMKM di galeri platform-nya tumbuh hinggal enam kali lipat. Kategori produk yang paling banyak dicari saat pandemi yakni produk makanan dan groseri.

Agar bisa meningkatkan lagi kualitas produk dan nilai transaksinya, di platform Blibli sudah ada kanal khusus bernama KUMKM Hub. Kanal tersebut berisi produk dari UMKM binaan kementerian.  

(Baca: Melonjak Tajam, BNI Restrukturisasi Kredit Rp 69 Triliun Hingga April)

Blibli menyediakan promosi pengiriman khusus senilai Rp 2 juta bagi UMKM yang masuk di kanal tersebut. Ada juga akses pembinaan agar UMKM bisa meningkatkan kualitas produknya.

"Kami berikan suport agar UMKM bisa survive dari pandemi, supaya bisa naik kelas, barangnya bisa diekspor juga. Itu goals-nya," kata Kusumo dalam video conference pada Rabu (20/5). 

Sejauh ini di platformnya, sudah ada 7 ribu UMKM yang aktif berjualan. Sementara, total partner UMKM Blibli ada lebih dari 100 ribu. Bagi mitra UMKM yang mau bergabung untuk masuk kanal tersebut, bisa melalui Blibli atau Kemenkop UKM langsung. 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan