Tak ke Indonesia, Panasonic Pilih Pindahkan Pabrik Kulkas ke Vietnam

Image title
Oleh Ekarina
21 Mei 2020, 17:02
Bukan Indonesia, Panasonic Pilih Relokasi Pabrik Kulkas ke Vietnam.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi produk elektronik Panasonic. Perusahaan asal Jepang ini dikabarkan bakal merelokasi pabrik kulkas dan mesin cuci ke Vietnam.

Produsen elektronik asal Jepang, Panasonic Corp tahun depan akan memindahkan produksi kulkas dan mesin cuci yang berbasis di Thailand ke Vietnam. Akibat relokasi ini, ratusan pekerja Panasonic akan terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Panasonic akan menata ulang tempat produksi barang putihnya di Asia Tenggara, dan mengalihkan produksi mesin cuci dan lemari es di Thailand ke Vietnam," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Kamis (21/5).

Advertisement

Panasonic juga akan melakukan PHK terhadap 800 pekerjanya di Thailand. Juru bicara perusahaan mengatakan,langkah itu merupakan rencana perusahaan untuk meningkatkan efisiensi biaya.

(Baca: Selain dari Amerika, RI Bisa Gaet Relokasi Pabrik Jepang dari Tiongkok)

Meski begitu, Panasonic akan mencoba menempatkan beberapa pekerja di lini produksi lain berdasarkan kualifikasi mereka. 

Panasonic Appliances (Thailand) dan pusat penelitian dan pengembangan akan ditutup pada akhir Maret 2021. Pasca penutupan, perusahaan masih akan memiliki sekitar 13.700 pekerja yang terlibat dalam pembuatan peralatan kecil dan baterai di Thailand.

Wacana  relokasi pabrikan Jepang sudah terdengar sebelummya. Pemerintah pun diminta tanggap mengambil peluang investasi tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement