Sandiaga Minta Pelonggaran PSBB Satu Komando di Tangan Doni Monardo

Happy Fajrian
22 Mei 2020, 23:20
sandiaga uno, pelonggaran psbb, gugus tugas covid 19, penanganan corona, virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra./pd
Pengusaha Sandiaga Uno mengusulkan Gugus Tugas jadi satu pintu untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Pengusaha sekaligus politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno menyarankan agar upaya penanganan virus corona dan keputusan pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dipegang oleh satu komando, yaitu di tangan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal Doni Monardo.

Hal ini untuk menghindari informasi yang simpang siur, yang dapat membuat masyarakat bingung. Nantinya segala kebijakan terkait penanganan covid-19 atau terkait PSBB diputuskan oleh kepala gugus tugas.

Advertisement

“Panglimanya harus satu. Harus Jenderal Doni (Monardo). Karena pada akhirnya dia yang harus memutuskan mana yang boleh mana yang tidak,” kata Sandi dalam acara Webinar Bicara Data Virtual Series ‘The New Normal Ekonomi-Politik Indonesia’ yang digelar Katadata.co.id, Jumat (22/5) malam.

Menurut dia pembukaan kembali aktivitas masyarakat harus diputuskan langsung dari satu pintu, juga supaya seluruh masyarakat mendapatkan kesamaan narasi. Setelah itu baru membicarakan aktivitas apa yang akan dibuka kembali saat pelonggaran PSBB.

(Video: Pelonggaran PSBB Picu Gelombang Kedua Covid-19)

Sandi mengungkapkan bahwa tim Sandinomics telah merumuskan apa yang dia sebut The Covid 19 Expectation Clock, terkait aktivitas apa yang dapat kembali dibuka jika PSBB dilonggarkan berdasarkan tingkat risiko kesehatannya terhadap masyarakat.

Menurut rumusan yang menggunakan panduan dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Amerika Serikat (AS) dan beberapa institusi lainnya, yang paling pertama bisa buka di bulan Juni adalah perbelanjaan atau shopping.

Shopping ini khususnya yang UMKM bukan mall besar karena walau juga merasakan dampaknya, tapi yang paling utama adalah pelaku usaha di sektor kecil dan mikro, mulai Juni dengan protokol (kesehatan) yang ketat,” kata Sandi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement