Investor Petakan Empat Sektor Startup Siap Terapkan New Normal

Fahmi Ahmad Burhan
28 Mei 2020, 05:30
Investor Sebut Empat Startup Siap Terapkan New Normal
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Ilustrasi, warga mengenakan masker berjalan di salah satu jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

Pemerintah bersiap memberlakukan new normal di tengah pandemi corona. Asosiasi Modal Ventura Untuk Startup Indonesia (Amvesindo) menilai, ada empat bidang startup yang siap menerapkan norma baru.

Keempat bidang startup yakni teknologi kesehatan (healtech), pesan-antar makanan (food delivery) seperti GoFood besutan Gojek dan GrabFood dari Grab, e-commerce, dan fintech pembayaran. Sebab, layanan keempat perusahaan rintisan ini dibutuhkan saat pandemi Covid-19.

"Saat pandemi virus corona, masyarakat merasa lebih mudah belanja dan membayar lewat smartphone. Produk yang dikeluarkan membuat mereka tetap sustainable," ujar Ketua Amvesindo Jefri R Sirait kepada Katadata.co.id, Rabu (27/6). 

(Baca: Menkominfo: Startup E-commerce, Kesehatan, Fintech Moncer Saat Pandemi)

Pertimbangan itu juga merujuk pada dua kunci agar startup siap menerapkan new normal, yakni produk dan inovasi. Investor termasuk modal ventura melirik startup yang menyediakan produk yang dibutuhkan masyarakat saat pandemi virus corona. "Startup yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak yang bertahan," kata dia .

Selain itu, startup yang dibutuhkan oleh pemerintah dinilai akan mampu bertahan dan siap menerapkan new normal. "Spending terbesar kini ada di belanja pemerintah," ujar Jefri.

Karena itu, startup harus bisa mendukung upaya-upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 saat new normal. (Baca: Startup Telemedis hingga Barang Grosir Potensial Pasca Pandemi)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...