Menko Airlangga Sebut Buka Mal Jakarta Tunggu Evaluasi Hasil PSBB

Yuliawati
Oleh Yuliawati
27 Mei 2020, 17:49
airlangga, mal dibuka, jakarta, new normal
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Prajurit TNI AD berjaga di depan pintu masuk Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah belum rencana membuka kegiatan operasional pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta pada 5 Juni 2020. Keputusan membuka mal akan tergantung evaluasi dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota yang akan berakhir pada 4 Juni 2020.

“DKI Jakarta masih PSBB sampai 4 juni 2020, sehingga belum ada rencana lain, menunggu PSBB dua pekan ini,” kata Airlangga setelah rapat kabinet terbatas lewat video conference, Rabu (27/5).

(Baca: Disentil Anies, Pengusaha Koreksi Wacana Pembukaan Mal)

Airlangga mengatakan saat ini pemerintah masih fokus untuk mengantisipasi dampak penularan Covid-19 dari arus mudik dan arus balik selama rangkaian Idul Fitri 1441 Hijriah. “DKI Jakarta masih menunggu harapan terkait dengan monitoring arus mudik, dan diharapkan dalam dua pekan ini bisa terjadi penurunan,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengeluarkan keterangan mengenai daftar 60 mal yang akan kembali buka pada Jumat, 5 Juni dan empat mal yang buka pada Senin, 8 Juni.

Namun, pernyataan tersebut diralat Ketua Umum APPBI Stevanus Ridwan yang mengatakan pembukaan mal akan menunggu keputusan pemerintah provinsi DKI Jakarta. "Kami sedang menunggu arahan pemda, kalau boleh buka persyaratannya apa yang harus kami penuhi," kata Stevanus Ridwan.

Advertisement

(Baca: Nasib Mal Sebelum Dibuka New Normal, dari PHK hingga Razia)

Stevanus menjelaskan pihaknya sendiri belum tahu kondisi sesungguhnya sebelum memutuskan untuk kembali membuka pusat perbelanjaan. Dia pun mengoreksi pernyataan terkait wacana pembukaan kembali 64 mal besar di Jakarta pada 5 Juni mendatang.

Menurutnya, APPBI DKI Jakarta hanya mendata kesiapan mal jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak diperpanjang setelah 4 Juni mendatang. "Yang di DKI itu maksudnya melakukan persiapan, supaya nanti kalau PSBB tidak diperpanjang, kami siap untuk buka. Siapa yang siap, ya yang ada di daftar itu," katanya.

(Baca: Pemerintah Akan Hentikan New Normal Bila Ada Gelombang Kedua Corona)

Reporter: Antara, Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement