Banjir Paket Stimulus Ekonomi Dunia, IHSG Sesi I Naik Hingga 1,87%

Image title
28 Mei 2020, 13:18
ihsg hari ini, stimulus ekonomi dunia,
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG naik 1,87% ke level 4.728,47 pada perdagangan sesi I siang ini, Kamis (28/5).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan sesi I siang ini, Kamis (28/5), melesat 1,87% ke level 4.728,47. Kinerja indeks ditopang sentimen paket stimulus pemulihan ekonomi di sejumlah negara di dunia yang mendapat sambutan positif dari investor.

Dari Benua Biru, Komisi Eksekutif Uni Eropa mengajukan rencana paket stimulus dana pemulihan senilai 750 miliar euro yang terdiri dari hibah dan pinjaman untuk negara anggotanya. Hal tersebut diharapkan mampu menopang kembali perekonomian Eropa yang terdampak wabah virus corona.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus memperkirakan bahwa rencana tersebut berhubungan dengan pembelian obligasi pemerintah. Sehingga nilai risiko menjadi lebih rendah sehingga mendorong tingkat kepercayaan investor.

"Dari tingkat urgensinya, pemulihan jangka pendek selalu lebih penting. Karena bila pemerintah Eropa tidak menyiapkan solusi apa-apa dalam jangka waktu pendek, maka impact-nya akan jauh lebih buruk," kata Nico.

(Baca: IHSG Hari Ini Diproyeksi Naik, Saham BUMN Konstruksi Jadi Rekomendasi)

Tidak hanya Eropa, Jepang pun juga baru saja mengumumkan paket stimulus tambahan sebesar 117 triliun yen atau US$ 1,1 triliun. Stimulus tambahan ini akan diberikan dalam bentuk bantuan untuk perusahaan yang mengalami kesulitan, subsidi perusahaan untuk membayar sewa, perawatan kesehatan, serta dukungan ekonomi usaha lokal.

Laju positif IHSG pada sesi pertama ini, sejalan dengan bursa-bursa dunia lainnya yang bergerak di zona hijau. Seperti dari zona Eropa, bursa FTSE 100 di Inggris semalam ditutup naik 1,26%. Lalu, Xetra Dax di Jerman pun melesat 1,33%.

Sementara, bursa saham Amerika Serikat (AS) di Wall Street juga kompak ditutup lebih tinggi. Seperti Dow Jones Index yang melesat 2,21%, S&P 500 Index juga naik 1,48%, serta Nasdaq yang menguat terbatas 0,77%.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...