Kerusuhan di AS, Semprotan Merica-Pistol Listrik Laris Manis di Amazon

Fahmi Ahmad Burhan
2 Juni 2020, 11:49
Kerusuhan di AS, Semprotan Merica-Pistol Listrik Laris Manis di Amazon
Gilc|123RF.com
Ilustrasi, beranda Amazon pada layar monitor melalui kaca pembesar.

Kerusuhan di Amerika Serikat (AS) terkait kematian warga kulit hitam, George Floyd meluas ke banyak kota. Meski begitu, Amazon justru kebanjiran permintaan semprotan merica dan merchandise Black Lives Matter.

Perusahaan e-commerce itu mencatat, penjualan produk kategori olahraga dan luar ruangan, buku, dan pakaian meningkat saat terjadi aksi unjuk rasa di AS. Lebih rinci, produk kategori pertahanan diri yang paling banyak dibeli yakni semprotan merica.

“Penjualan senjata kejut taser atau pistol listrik menempati urutan ke-44 sebagai produk terlaris,” demikian dikutip dari situs web resmi Amazon, dilansir dari CNBC Internasional, Selasa (2/6).

Sedangkan merchandise Black Lives Matter yang banyak dibeli yaitu kaos. Black Lives Matter merupakan gerakan aktivis internasional, yang dimulai dari komunitas Afrika-Amerika. Mereka menentang kekerasan maupun rasisme sistemik terhadap orang kulit hitam.

(Baca: Hasil Otopsi: George Floyd Tewas akibat Sesak Napas dan Pembunuhan)

Pakaian bertuliskan ‘Aku tidak bisa bernapas’ masuk 10 teratas produk yang paling laris di Amazon. Lalu, kemeja One Lives Matter berada di peringkat 60 sebagai produk yang banyak dibeli.

Kategori buku yang laris manis, yakni yang terkait dengan keadilan rasial. Buku berjudul ‘White Fragility: Why It’s So Hard for White People to Talk About Racism’ merupakan yang paling banyak diburu.

Lalu, buku bertajuk ‘How to Be an Antiracist’ dan ‘We’re Different, We’re the Same’ menempati posisi ketiga dan ketujuh sebagai produk yang paling laris untuk kategori ini.

Kendati begitu, Amazon memperbarui peringkat produk yang paling laris setiap jam. “Ini untuk mencerminkan penjualan terkini dan historis,” kata perusahaan.

(Baca: Bos Amazon Diramal Jadi Triliuner Pertama dengan Kekayaan Rp 14.900 T)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...