Mulai Angkut Penumpang, Tak Semua Driver Ojol Taat Protokol Kesehatan

Fahmi Ahmad Burhan
8 Juni 2020, 16:41
Angkut Penumpang Lagi, Tak Semua Driver Ojol Taat Protokol Kesehatan
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pengemudi ojek online mengangkut penumpang di Shelter Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbolehkan pengemudi ojek online seperti mitra Gojek dan Grab untuk mengangkut penumpang di ibu kota mulai hari ini. Namun, belum semua mitra driver menerapkan protokol kesehatan.

Katadata.co.id mencoba layanan ojek online dari Pasar Palmerah, Jakarta Pusat ke ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan. Mitra pengemudi Grab yang mengantar, Edwin Tetra Aprianus (30 tahun) menggunakan masker dan sarung tangan.

Advertisement

Namun, Edwin belum memakai partisi. Sekat antara pengemudi dan penumpang ini memang tak diwajibkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Kementerian Perhubungan (Kemenub) pun masih mengkaji protokol kesehatan untuk ojek online, yang aturannya diharapkan bisa dirilis hari ini.

(Baca: Gojek-Grab Buka Lagi Akses Ojol, tapi Tak Beroperasi di 66 RW Jakarta)

Sedangkan Edwin mengaku kesulitan, jika harus membeli sendiri alat tersebut. Kabar baiknya, Grab berencana memberikan partisi dan alat kebersihan kepada lebih dari 8 ribu mitra GrabBike.

"Ribet kalau harus pasang sendiri. Kalau Grab yang memasang, tidak apa-apa. Toh buat protokol kesehatan," ujar Edwin kepada Katadata.co.id, Senin (8/6).

Sepanjang perjalanan selama 20 menit, Katadata.co.id menemukan beberapa pengemudi ojek online yang mengangkut penumpang, namun tak mengenakan masker dan sarung tangan. Padahal, Gojek, Grab, dan Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) sudah mengimbau pengemudi untuk menggunakan kedua atribut ini.

Lalu, di sepanjang gerbang utama ITC Permata Hijau, ada sekitar 15 pengemudi ojek online baik Gojek dan Grab menunggu pesanan. Tidak ada satu pun dari mereka yang membawa partisi.

(Baca: Ojek Online Tak Bisa Angkut Penumpang di 66 RW Jakarta, Ini Daftarnya)

Lantas, Katadata.co.id mencoba layanan ojek online dari Gojek. Namun, mitra pengemudi yakni Taufik (38 tahun) tidak menggunakan masker maupun partisi.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement