IHSG Diprediksi Tembus Level 5.000, Berikut Saham Rekomendasi Analis

Image title
Oleh Ekarina
8 Juni 2020, 06:54
IHSG Berpotensi Tembus Level 5.000, Berikut Saham Pilihan Analis.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat perdagangan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5/2020). IHSG diramal menembus 5.000 ditopang oleh optimisme pasar akan pelonggaran ekonomi,

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan awal pekan, Senin (6/8). Indeks saham diperkirakan bergerak ke zona hijau meneruskan tren positif perdagangan sebelumnya, yang mana  indeks menguat 0,63% di level 4.947 pada Jumat (5/6).

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto mengatakan IHSG hari ini berpotensi menguat di level 4.811 hingga 5.020. Secara teknikal, IHSG sudah menunjukkan tren peningkatan cukup pesat karena sudah melewati rata-rata pergeraka lima hari terakhir.

"Dengan sentimen tambahan dari Dow Jones maka diperkirakan hari ini IHSG sudah bisa menembus resistance 5.000," katanya.

(Baca: IHSG dan Rupiah Menguat karena Pemerintah Tangani Covid-19 dengan Data)

Dia pun merekomendasikan beberapa saham  sektor perbankan hingga telekomunikasi untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini, seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), PT Elnusa Tbk (ELSA), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga berpendapat senada. IHSG hari ini diperkirakan bakal bergerak menguat secara teknikal. "Ada potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance," katanya.

Menurutnya, pada area resistance IHSG hari ini akan berada di level 4.975 hingga 5.097. Sedangkan, area support, indeks berada di level 4.865 hingga 4.778.

Adapun sejumlah saham yang dapat dia rekomendasikan menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

(Baca: IHSG Sepekan Meroket 8,69%, Waspadai Ekspektasi Berlebihan Investor)

Di sisi lain, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengungkapkan IHSG berpotensi melemah, kendati tengah menguji resistance kuat di level 5.000. "Investor masih optimis akan ekonomi yang akan pulih dalam waktu cepat, namun secara teknikal saat ini berada di level jenuh beli dan berpotensi mengalami koreksi," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...