IHSG Ditutup di Atas Level 5.000, Pertama dalam 3 Bulan Terakhir

Image title
8 Juni 2020, 16:23
Ilustrasi, layar pergerakan Indek Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG ditutup menguat 2,48% di level 5.070 sejalan dengan penerapan fase transisi pertama PSBB DKI Jakarta dan optimisme investor terkait pemulihan ekonomi.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi, layar pergerakan Indek Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG ditutup menguat 2,48% di level 5.070 sejalan dengan penerapan fase transisi pertama PSBB DKI Jakarta dan optimisme investor terkait pemulihan ekonomi.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat hingga 2,48% menyentuh level 5.070 pada perdagangan Senin (8/6). Kembalinya indeks di atas level 5.000 ini menjadi yang pertama, sejak penutupan perdagangan 11 Maret 2020 lalu, di level 5.154.

Seperti diketahui, kasus pertama virus corona di Indonesia pertama diumumkan pemerintah pada 2 Maret 2020. Sejak itu, IHSG terus bergerak turun, bahkan sempat menyentuh level terendahnya yaitu 3.937 pada 24 Maret 2020. Namun, sejak perdagangan dibuka kembali usai libur lebaran, pada 26 Mei 2020, IHSG tengah dalam tren penguatan.

Kenaikan IHSG pada hari ini, sejalan dengan mulai diterapkannya fase transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju normal baru di DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengizinkan rumah ibadah, tempat rekreasi, pertokoan, dan mal atau pusat perbelanjaan kembali beroperasi.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, upaya pemerintah memulihkan ekonomi nasional dengan memberikan stimulus juga turut andil memuluskan pergerakan IHSG.

Salah satu stimulus yang tengah digodok pemerintah adalah, restrukturisasi kredit, modal kerja, dan biaya energi bagi sektor industri manufaktur.

"Stimulus tersebut tentunya untuk menjaga ketahanan ekonomi dalam negeri di tengah PHK secara masif dan turunnya daya beli masyarakat," kata Nico dalam risetnya.

Berdasarkan RTI Infokom, total volume saham yang diperdagangkan sebanyak 16,39 miliar unit saham dengan nilai transaksi totalnya mencapai Rp 13,52 triliun. Saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBRI) ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp 1,3 triliun, diikuti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan nilai Rp 1 triliun.

(Baca: Saham Perbankan Meroket Usai Libur Lebaran, BTN Paling Tinggi)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...