OPEC+ Perpanjang Pemangkasan Produksi, Harga Minyak Kembali Naik

Image title
9 Juni 2020, 09:29
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak kembali naik didorong oleh komitmen OPEC+ memperpanjang pemangkasan produksi serta pelonggaran lockdown di beberapa negara.
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak kembali naik didorong oleh komitmen OPEC+ memperpanjang pemangkasan produksi serta pelonggaran lockdown di beberapa negara.

Harga minyak mentah dunia kembali naik pada perdagangan Selasa (9/6), setelah produsen minyak utama (OPEC) dan negara-negara sekutunya atau OPEC+ sepakat perpanjang pemangkasan produksi.

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (9/6) pukul 7.33 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 1,20% menjadi US$ 41,29 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 naik 1,41% ke level US$ 38,78 per barel.

OPEC serta Rusia dan produsen minyak lainnya sepakat pada April 2020 untuk memangkas pasokan sebesar 9,7 juta barel per hari (bpd) pada Mei-Juni 2020. Hal ini guna mendukung harga setelah permintaan runtuh imbas dari pandemi global virus corona.

Kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ tersebut sepakat pada Sabtu (6/6) mempertahankan pemotongan. Adapun, pemangkasan yang akan dilakukan sekitar 10% dari pasokan global, diperpanjang hingga Juli 2020.

Namun Arab Saudi beserta dua produsen lainnya tidak akan mempertahankan pengurangan tambahan lebih dari satu juta barel pasokan harian.

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan, kerajaan serta sekutunya, yakni Kuwait dan Uni Emirat Arab tidak akan melanjutkan tambahan pengurangan 1,18 juta barel per hari. Sementara itu, produsen shale oil AS telah mulai membuka kembali sumur yang ditutup seiring dengan naiknya harga minyak.

Analis menyebut hal ini dapat mengurangi pemulihan permintaan yang rapuh, serta melemahkan upaya OPEC untuk menopang harga. Di samping itu, Arab Saudi juga akan menaikan harga minyak mentahnya, mengantisipasi permintaan yang lebih banyak.

(Baca: OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi Lagi, Harga Minyak Naik Menembus US$ 40)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...