OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi Lagi, Harga Minyak Naik Menembus US$ 40

Image title
8 Juni 2020, 07:47
OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi Lagi, Harga Minyak Tembus US$ 40/Barel
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak

Harga minyak dunia bergerak menguat pada perdagangan pagi, hari ini (8/6). Salah satu faktor pendorongnya, negara-negara pengekspor minyak dan Rusia (OPEC+) dikabarkan sepakat untuk memperpanjang pemangkasan produksi minyak.

Mereka telah memotong produksi 9,7 juta barel per hari (bph) selama Mei dan Juni. Lima sumber Reuters mengatakan, OPEC+ sepakat untuk memperpanjang pemangkasan produksi hingga akhir Juli.

Advertisement

Berdasarkan data Bloomberg per Pukul 7.20 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 2,25% menjadi US$ 43,25 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 naik 1,87% ke level US$ 40,29 per barel.

(Baca: Pertemuan OPEC+ Hari ini, Harga Minyak Dunia Tembus US$ 40 per Barel)

Selain memperpanjang masa pemangkasan, OPEC+ dikabarkan mendorong Nigeria dan Irak untuk menambah pengurangan produksi. Pemotongan produksi ini dilakukan untuk mengimbangi penurunan permintaan minyak akibat pandemi corona.

Akan tetapi, Irak meminta OPEC+ untuk mempertimbangkan situasi ekonomi para anggota dalam berbagi beban pemotongan produksi. "Kami berusaha untuk menetapkan aturan baru di masa depan atas pembagian beban di antara anggota negara dengan mempertimbangkan situasi ekonomi dan standar hidup," kata Menteri Keuangan Irak Ali Allawi dikutip dari Reuters, Senin (8/6).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement