Antam Optimalkan Produksi Nikel dan Perluas Pasar di Tengah Pandemi

Image title
12 Juni 2020, 10:45
Ilustrasi, bijih nikel produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam). akan fokus mengoptimalkan produk nikel dan memperluas pasar ekspor di tengah pandemi corona.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Ilustrasi, bijih nikel produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam). akan fokus mengoptimalkan produk nikel dan memperluas pasar ekspor di tengah pandemi corona.

PT Aneka Tambang Tbk atau Antam akan fokus memelihara produksi tambang andalan dan mendiversifikasi pasar ekspor, sebagai strategi menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama Antam Dana Amin menjelaskan, salah satu strategi yang diambil perseroan di tengah pandemi corona adalah mengoptimalkan produksi nikel. Tambang nikel yang menjadi andalan adalah, tambang feronikel di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

“Terkait dengan strategi Antam untuk komoditas nikel, kita fokus optimalkan produksi feronikel di Pomalaa,” kata Amin dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (11/6).

Strategi optimalisasi ini akan diikuti dengan fokus mempertahankan pasar ekspor nikel, terutama wilayah Asia Timur seperti Tiongkok dan Korea Selatan.

Pasar India juga sebenarnya menjadi target ekspor utama nikel Antam, namun karena India mengalami masalah keuangan dan menerapkan karantina wilayah (lockdown), maka fokus dialihkan ke Tiongkok. Selain itu, perseroan juga sedang menjajaki untuk membuka pasar baru, dengan bidikan utama adalah pasar Uni Eropa.

“Kita rencana juga jajaki kembali pasar Eropa. Kita akan lakukan penetrasi, dengan menghubungi customer kita kembali di sana,” ujarnya.

(Baca: Antam Pangkas Belanja Modal Tahun Ini Imbas Pandemi Corona)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...