Google, Facebook dan Microsoft Kolaborasi Berantas Pelecehan Seksual

Cindy Mutia Annur
12 Juni 2020, 12:04
Ilustrasi, aplikasi Facebook Mobile. Google, Facebook dan Microsoft berkolaborasi memberantas pelecehan seksual online terhadap anak-anak.
Katadata
Ilustrasi, aplikasi Facebook Mobile. Google, Facebook dan Microsoft berkolaborasi memberantas pelecehan seksual online terhadap anak-anak.

Tiga raksasa teknologi, yakni Google, Facebook dan Microsoft membentuk koalisi teknologi untuk memberantas pelecehan seksual online terhadap anak-anak.

Melalui koalisi, tiga perusahaan ini akan menginvestasikan jutaan dolar Amerika Serikat (AS) dalam penelitian, serta menerbitkan laporan tahunan tentang kemajuannya dalam menangani konten bermuatan seksual.

Advertisement

Koalisi Google, Facebook dan Microsoft ini bermitra dengan organisasi seperti The United Nations Children's Fund (UNICEF) dan badan-badan amal lainnya, yang fokus pada perlindungan anak. Sasaran kerja sama adalah, menyediakan dana dan saran untuk pembuatan platform yang mampu mengimplementasikan keamanan anak-anak.

Kolaborasi tiga perusahaan teknologi ini dilakukan dengan mempertimbangkan lonjakan pengguna internet, yang pada 2020 telah mencapai 4,5 miliar pengguna.

Makin banyaknya pengguna internet secara otomatis meningkatkan tantangan untuk menghadirkan konten yang mampu melindungi anak-anak dari kejahatan seksual atau child sexual exploitation and abuse (CSEA).

"Alat teknologi untuk mendeteksi dan melaporkan konten CSEA memang menjadi lebih canggih, tetapi hal ini juga diikuti dengan makin canggihnya platform yang digunakan untuk pelecehan seksual. Ini yang coba cegah dan hapuskan," tulis Koalisi Teknologi tersebut, dilansid dikutip dari CNBC International, Kamis (11/6).

Adapun, rencana penanganan CSEA online yang diinisiasi kolaborasi teknologi ini memiliki lima tujuan utama. Pertama, menginvestasikan teknologi inovatif untuk menangani materi pelecehan seksual anak di situs mereka.

(Baca: Facebook hingga Twitter Diminta Lapor soal Hoaks Corona ke Uni Eropa)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement