Harga Ayam Hingga Bawang Merah Naik, BI Ramal Inflasi Juni 0,02%

Agatha Olivia Victoria
12 Juni 2020, 18:54
bank indonesia, inflasi, inflasi juni, kenaikan harga pangan, harga pangan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Ilustrasi. BI memperkirakan inflasi pada Juni secara tahunan tercatat 1,79%, sedangkan secara tahun kalender 0,93%.

Bank Indonesia memperkirakan inflasi pada Juni sebesar 0,02%, lebih rendah dari bulan sebelumnya. Inflasi bulan ini disumbang kenaikan harga daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, tomat, dan kentang.

"Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu kedua Juni 2020, inflasi Juni 2020 diperkirakan sebesar 0,02%. Dengan demikian secara tahunan tercatat 1,79% dan secara tahun kalender 0,93%," tulis Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resminya, Jumat (12/6).

Secara perinci, penyumbang utama inflasi pada periode laporan antara lain berasal dari komoditas daging ayam ras sebesar 0,11%, telur ayam ras 0,03%, bawang merah sebesar 0,02%, tomat dan kentang masing-masing sebesar 0,01%.

Sementara itu, komoditas utama yang menyumbang deflasi yaitu bawang putih, cabai merah dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,03%, cabai rawit, jeruk dan emas perhiasan masing-masing sebesar 0,02%, serta gula pasir 0,01%.

(Baca: Harga Gula di Tingkat Petani Jatuh, Mendag Janji Kendalikan Gula Impor)

Dengan hasil survei tersebut, inflasi secara keseluruhan pada bulan Juni masih akan sangat rendah. Adapun inflasi pada Mei lalu hanya mencapai 0,07% secara bulanan atau 2,9% secara tahunan meski terdapat momentum Lebaran.

Inflasi ini jauh berada di bawah inflasi saat periode Lebaran tahun lalu yang jatuh pada Juni sebesar 0,55%. Pola inflasi yang tidak biasa pada periode tersebut karena adanya Covid-19 yang melanda Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...