Jika Mengacu Formula, Harga BBM Bisa Turun Juli 2020

Image title
12 Juni 2020, 14:14
bph migas, bbm, harga minyak
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Ilustrasi, petugas SPBU menunggu konsumen di SPBU COCO Pertamina, Kuningan, Jakarta, Rabu (29/4/2020). BPH Migas menyebut harga BBM bisa turun pada bulan depan.

Harga bahan bakar minyak atau BBM yang dijual di Indonesia hingga kini belum juga turun. Padahal, harga minyak dunia sudah anjlok cukup dalam.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi atau BPH Migas Fanshurullah Asa menyebut Menteri ESDM sudah memutuskan harga BBM tidak turun hingga saat ini. Pasalnya, konsumsi selama pandemi corona juga anjlok.

Advertisement

"Turunnya bahkan sampai 40%, sehingga pemerintah tidak menaikkan atau menurunkan BBM," kata Fanshurullah dalam webinar yang digelar pada Jumat (12/6).

Berdasarkan data BPH Migas, konsumsi BBM memang turun cukup signifikan sejak Covid-19 menyebar di Indonesia. Konsumsi minyak tanah selama pandemi juga anjlok 14%, solar turun 40%, dan premium turun 30%.

Dengan kondisi tersebut, BPH Migas menyebut Pertamina bisa bangkrut. "Jika Pertamina colaps, siapa yang akan menyalurkan BBM ke seluruh Indonesia?" ujar dia.

(Baca: Pertamina Sebut Konsumsi BBM Mulai Naik Jelang Normal Baru)

(Baca: Pertamina Sebut Konsumsi BBM Mulai Naik Jelang Normal Baru)

Selain itu, Pertamina telah menurunkan harga BBM dua kali sejak akhir tahun lalu. Pada Desember 2019, harga Pertamax turun dari Rp 9.850 per liter menjadi Rp 9.200 per liter. Harga BBM tersebut kembali turun pada Februari tahun ini menjadi Rp 9.000 per liter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement