Profil Djony Bunarto, Presiden Direktur Astra yang Baru

Image title
16 Juni 2020, 11:46
Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur Astra Internasional baru.
Astra Internasional
Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur Astra Internasional baru.

PT Astra Internasional Tbk (ASII) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Selasa (16/6). Hasilnya Djony Bunarto Tjondro ditunjuk menjadi Presiden Direktur menggantikan Prijono Sugiarto yang telah menjabat sejak 1 Maret 2010.

“Dapat kami sampaikan sebagai berikut mengangkat bapak Djony Bunarto Tjondro sebagai Presiden Direktur,” kata Head of Corporate Affair Astra International, Riza Deliansyah saat mengumumkan penunjukan dirinya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (16/6). Sementara Prijono akan menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Dalam kesempatan sama, Djony menyatakan akan mengedepankan kedisiplinan finansial sebagai langkah penting menghadapi periode pandemi virus corona. Khususnya dalam menyelamatkan kinerja perusahaan yang terpengaruh pandemi.

“Mengenai capex, kami melakukan revisit kembali, tentu dalam situasi seperti ini di mana semua bisnis turun, konservasi cash itu sangat penting. Makanya kami melakukan re-priotising terhadap belanja modal,” kata Djony.

Djony pun menyatakan akan menekan pengeluaran biaya yang tak perlu dan berupaya menjaga kelancaran arus kas di seluruh unit anak usaha Astra. “Kami juga selalu berusaha menjaga bisnis yang dimiliki Astra untuk mempertahankan cost leadership,” kata dia.  

(Baca: Djony Bunarto Resmi Jadi Presdir Astra Menggantikan Prijono Sugiarto)

Profil Djony Bunarto

Seperti diberitakan Katadata.co.id sebelumnya, Djony menjadi salah satu kandidat kuat direktur utama Astra Internasional selain Direktur Astra Internasional Gidion Hasan. Kabar terkait dua nama ini beredar di kalangan pelaku pasar saham.

Dari riwayat hidup Djony yang diunggah di situs Astra.co.id, tercatat ia lahir pada 2 Mei 1964. Ia pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Teknik jurusan Teknik Mesin Universitas Trisakti angkatan 1989 dan Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI)/Monash Mt. Eliza Business School Australia angkata 1996.

Jabatan terakhir Djony sebelum menjadi Presiden Direktur, adalah sebagai Wakil Presiden Direktur Astra Internasional sejak April 2019. Ia tercatat bergabung ke Astra pada 1990 sebagai staf engineering. Kariernya berlanjut menjadi asisten manajer engineering pada 1992 dan mendudukinya selama lebih kurang dua tahun. Pada 1994, ia didaulat menjadi Kepala Departemen Pengadaan sampai 1997.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...