Suksesi di Astra Hari Ini, Calon Presdir Mengerucut ke Djony Bunarto

Redaksi
Oleh Redaksi
16 Juni 2020, 08:00
Menara Astra
Dokumentasi Astra
Menara Astra

PT Astra International Tbk (ASII) akan melangsungkan suksesi kepemimpinan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Selasa (16/6). Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Astra yang sudah menjabat selama 10 tahun, bakal diganti. Calon penggantinya mengerucut kepada Wakil Presdir Astra saat ini, Djony Bunarto Tjondro.

Pengangkatan anggota direksi dan perubahan susunan anggota dewan komisaris memang menjadi salah satu mata acara RUPST Astra hari ini. Meski tak secara spesifik mencantumkan agenda pergantian presdir, raksasa bisnis multisektor ini diyakini akan melakukan suksesi kepemimpinan karena Prijono sudah menjabat selama dua periode.

Sempat berhembus kabar di antara para investor, dua nama kandidat yang menjadi pengganti Prijono. Keduanya berasal dari internal perusahaan, yaitu Djony Bunarto dan Direktur Astra International Gidion Hasan.

(Baca juga: Gelar RUPS Besok, Astra Disebut Bakal Ganti Presdir Prijono Sugiarto)

Seorang analis senior di pasar modal yang kerap mengamati aksi korporasi Grup Astra menyatakan, regenerasi dan suksesi kepemimpinan di kelompok usaha bernilai kapitalisasi pasar sekitar Rp 192 triliun tersebut sangat terencana dan disiapkan matang. Nakhoda baru akan ditempati oleh figur senior dan paling berpengalaman di berbagai sektor usaha Grup Astra.

Pola tersebut setidaknya terlihat ketika Prijono terpilih sebagai Presdir Astra pada 1 Maret 2010, menggantikan Michael D. Ruslim yang meninggal dunia dua bulan sebelumnya. Kala itu, Prijono sudah menjabat Direktur Astra International selama sembilan tahun.

(Baca juga: Penjualan Mobil Anjlok 96%, Selama Mei Hanya Laku 3.705 Unit)

Dalam rentang waktu itu, dia juga mengisi pos komisaris di beberapa perusahaan Grup Astra. Di antaranya di PT Pamapersada Nusantara (pertambangan), PT United Tractors Tbk (alat pertambangan), PT Astra Agro Lestari Tbk (perkebunan), dan PT Federal International Finance (pembiayaan). Ia juga pernah menjadi direktur di beberapa perusahaan otomotif Grup Astra.

Pendahulu Prijono, Michael D. Ruslim menjadi Presdir Astra tahun 2005 setelah menempati pos wakil presdir. Begitu pula dengan Budi Setiadharma yang jadi Presdir Astra tahun 2002 - 2005, sebelumnya menduduki kursi wakil presdir.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...