Kasus Baru Covid Naik, Airlangga: Ada Euforia Pelonggaran PSBB dan Mal

Rizky Alika
19 Juni 2020, 18:58
Kasus Baru Covid Naik, Airlangga: Ada Euforia Pelonggaran PSBB dan Mal.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersebelahan dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (kanan) mengikuti ASEAN Economic Community (AEC) Council Meeting. Airlangga menyebut lonjakan kasus covid-19 terjadi akibat euforia pelonggaran PSBB.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengakui terdapat tambahan kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta. Menurutnya, peningkatan terjadi lantaran ada euforia masyarakat selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta pembukaan mal.

"Kasus di Jakarta relatif rata-rata new cases sudah lebih merata, walau beberapa hari terakhir ada kenaikan karena euforia PSBB terbatas dan dibukanya mal-mal," kata dia dalam webinar OK OCE, Jumat (19/6).

Meski begitu,  pemerintah telah berkomitmen saat membuka aktivitas perekonomian, posisi R-0 (R-naught) berada di bawah 1.

(Baca: Menko Airlangga Prediksi Pemulihan Ekonomi dari Covid-19 hingga 2022)

Airlangga juga menambahkan, kasus Covid-19 akan terus bergulir dan memerlukan waktu lama untuk pulih. Oleh karena itu, Indonesia tidak bisa terus menunggu hingga kasus Covid-19 berakhir, sementara ada dampak sosial ekonomi yang harus dikorbankan.

Sebagaimana diketahui, Covid-19 telah menimbulkan sejumlah kerugian dan penurunann kinerja sebagian besar sektor usaha. Akibatnya, pengusaha ada yang merumahkan hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).  

Dari tujuh sektor usaha  yang terdampak, jumlah karyawan yang dirumahkan atau PHK diperkirakan mencapai 6 juta orang, menurut data Kamar Dagang dan Industri  (KADIN) Indonesia. 

Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah untuk memulihkan ekonomi. Pertama, menyiapkan program exit strategy, yaitu pembukaan ekonomi secara bertahap menuju tatanan kenormalan baru. Kedua, program pemulihan ekonomi nasional. Ketiga, reset dan transformasi ekonomi.

Selain itu, pemerintah telah menyiapkan empat jaring pengaman selama masa pandemi Covid-19, yaitu jaring pengaman kesehatan, sosial, ekonomi, dan keuangan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...