Menko Airlangga Prediksi Pemulihan Ekonomi dari Covid-19 hingga 2022

Rizky Alika
19 Juni 2020, 11:55
pertumbuhan ekonomi, airlangga hartarto, pemulihan ekonomi, pandemi corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut ekonomia Indonesia tahun ini masih berada pada jalur positif.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan bakal terdampak pandemi covid-19. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun memperkirakan, pemulihan ekonomi domestik dari wabah tersebut membutuhkan waktu hingga 2022.

”Bisa terus bergeser ke tahun 2021, 2022, untuk recovery,” kata Airlangga, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Katadata.co.id, Jumat (19/6).

Meski begitu, pemerintah sudah menyiapkan skenario defisit anggaran diatas ketentuan perundang-undangan untuk mendorong stimulus fiskal dan pembiayaan. Defisit anggaran baru akan kembali normal atau di bawah 3% terhadap PDB pada 2023. 

Pemerintah pun telah menyiapkan sejumlah langkah untuk memulihkan ekonomi. Pertama, menyiapkan program exit strategy, yaitu pembukaan ekonomi secara bertahap menuju tatanan kenormalan baru. Kedua, program pemulihan ekonomi nasional. Ketiga, reset dan transformasi ekonomi.

Reset menjadi penting karena berbagai sektor ekonomi sudah turun minus sehingga dari minus itu perlu dikembalikan ke 0, lalu dari 0 kita akan transformasikan agar berkembang menjadi positif,” ujar Airlangga.

(Baca: Sri Mulyani Pangkas Lagi Proyeksi Ekonomi Kuartal II jadi Minus 3,8%)

Ia menambahkan, pandemi covid-19 memberikan tekanan pada perekonomian, baik dari sisi permintaan maupun penawaran. Semua indikator memberikan sinyal pelemahan ekonomi.

Kondisi tersebut juga dialami oleh 215 negara lain di dunia. Ia mengatakan, hampir seluruh negara di dunia masuk di dalam periode minus.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...