Trump Kembali Ancam Putus Hubungan dengan Tiongkok

Agustiyanti
19 Juni 2020, 07:48
hubungan AS-Tiongkok, pandemi virus corona, amerika serikat, donald trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/aww/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengeluarkan ancaman untuk memutuskan hubungan dengan Tiongkok.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengeluarkan ancaman untuk memutuskan hubungan dengan Tiongkok, sehari setelah pembicaraan tingkat tinggi antara perwakilan dagang kedua negara.

Pejabat pemerintah AS menggambarkan hubungan kedua negara 'tegang', setelah pembicaraan diplomatik tatap muka tingkat tinggi pertama dalam beberapa bulan. Ini terjadi meski Beijing berkomitmen kembali kesepakatan perdagangan tahap pertama.

Keseimbangan neraca perdagangan dengan Tiongkok menjadi prioritas utama Trump setelah melihat defisit AS yang besar dalam beberapa tahun terakhir. Ini membuat hubungan kedua negara memburuk, terutama mendekati kampanyenya untuk pemilihan kembali pada bulan November yang semakin memanas.

"AS tentu saja dapat mempertahankan opsi kebijakan,dalam berbagai kondisi, untuk memisahkan diri sepenuhnya dari Tiongkok," ujar Trump dalam akun Twitter-nya.

(Baca: 9 Negara yang Masuk Radar Trump dalam Investigasi Pajak Digital)

Trump mengeluarkan pernyataan tersebut sehari setelah pembicaraan tingkat tinggi kedua negara dan pernyataan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer kepada Kongres bahwa  mustahil bagi kedua negara ekonomi terbesar dunia ini untuk memutuskan hubungan.

"Apakah saya pikir Anda bisa duduk dan memisahkan ekonomi Amerika Serikat dari ekonomi Tiongkok? Saya pikir itu opsi kebijakan bertahun-tahun yang lalu. Saya kira ini bukan opsi kebijakan yang masuk akal pada saat ini. "

Adapun USTR belum memberikan komentar langsung terkait pernyataan Trump.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...