IHSG Diramal Turun Sebab Pasar Minim Sentimen, Ini Saham Pilihannya

Image title
23 Juni 2020, 06:54
ihsg hari ini, saham pilihan, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
IHSG hari ini, Selasa (23/6) diprediksi akan melanjutkan koreksinya pada Senin. Minimnya sentimen positif dan kecemasan investor terhadap ancaman gelombang kedua covid 19 akan mempengaruhi laju indeks.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG hari ini, Selasa (23/6) diprediksi akan kembali terkoreksi. Adapun indeks kemarin ditutup turun 0,47% ke level 4.918,83 di tengah minimnya sentimen akibat berakhirnya masa buy back atau pembelian kembali saham.

"Berakhirnya masa buy back dan pembagian dividen membuat aksi beli asing pun berakhir. Hal tersebut tercermin dari nilai transaksi yang menurun," kata analis Panin Sekuritas William Hartanto dalam risetnya pagi ini.

Seperti diketahui, pada perdagangan kemarin, nilai transaksi di pasar saham hanya mencapai Rp 6,95 triliun. Sementara rata-rata nilai transaksi harian di pasar modal secara tahun berjalan sebesar Rp 7,71 triliun.

Sebenarnya IHSG pada perdagangan kemarin masih mampu mempertahankan level support di 4.900. Namun, berdasarkan analisis teknikalnya, William menyebutkan IHSG hari ini berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dalam rentang level 4.884-4.972.

(Baca: Investor Asing Tarik Dana Setengah Triliun, IHSG Turun 0,47%)

Saham-saham pilihan yang menjadi rekomendasi William di antaranya Kalbe Farma Tbk (KLBF), PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), dan Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Senada, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga menilai bahwa IHSG hari ini bergerak turun dengan rentang support di level 4.899-4.880. Sementara resistance ada di level 4.966-4.942.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...