Perusahaan Australia dan Tiongkok Dikabarkan Tertarik Beli iFlix

Cindy Mutia Annur
25 Juni 2020, 10:53
Perusahaan Australia & Tiongkok Dikabarkan Ingin Beli iFlix
Google Play Store
Ilustrasi platform iFlix

iFlix dikabarkan tengah dalam pembicaraan untuk penjualan. Perusahaan Australia Crown Media and Entertainment dan asal Tiongkok, Tencent disebut-sebut ingin membeli startup penyedia layanan video on demand (VoD) ini.

Namun, dua sumber Business Times mengatakan, Tencent sudah berdiskusi dengan iFlix. Bahkan, Lowyat.net melaporkan bahwa iFlix sudah dijual ke raksasa internet asal Negeri Panda itu.

Advertisement

Lowyat.net menyebutkan, toko aplikasi menampilkan deskripsi bahwa penerbit iFlix yakni Renfeng Media Tech. Ini juga terdaftar sebagai penerbit aplikasi WeTV Tencent.

Laporan lain disampaikan oleh perusahaan media Amerika Serikat (AS) Variety, yang mengatakan bahwa Tencent Video membeli iFlix seharga beberapa puluh juta dolar. Kabarnya, harganya turun jauh dibanding yang ditarget iFlix melalui penawaran saham (public listing).

Akan tetapi, iFlix dan Tencent belum menanggapi kabar tersebut. (Baca: Hooq Tutup Layanan, Giliran iFlix Dikabarkan Akan Dijual)

Sedangkan Crown Media dikabarkan telah mengajukan tawaran untuk memperoleh iFlix. Perusahaan ini tertarik untuk memperbaiki bisnis iFlix, yang saat ini dibebani dengan utang.

Perusahaan Australia itu juga disebut-sebut telah menjajaki akuisisi beberapa aset Hooq. Sebagaimana diketahui, Hooq menutup layanan per 30 April, setelah melakukan pengajuan likuidasi akhir Maret lalu.

Sumber Business Times mengatakan, iFlix telah mengumpulkan lebih dari US$ 360 juta dari investor termasuk Fidelity, EDBI dan Hearst. Namun, saat ini startup VoD itu tengah berjuang untuk memenuhi kewajiban utangnya.

Salah satu sumber mengatakan, iFlix berniat untuk melantai di Bursa Efek Australia awal tahun ini. Tetapi kemudian membatalkan rencana itu, karena sentimen pasar yang lemah.

“Dalam posisi keuangan saat ini, iFlix hanya memiliki sekitar dua hingga tiga minggu untuk bertahan,” demikian dikutip dari Business Times. (Baca: iFlix PHK Karyawan Akibat Pandemi Corona dan Beban Utang)

Salah satu pendiri iFlix Mark Britt pun mengundurkan diri dari posisi kepala eksekutif akhir tahun lalu. Namun, ia tetap menjadi direktur eksekutif. Sedangkan co-founder iFlix Patrick Grove mengundurkan diri dari dewan perusahaan pada April lalu.

Kemudian, perusahaan menunjuk Ryan Shaw dan John Zeckendorf untuk menjabat posisi dewan pada 7 Mei. Shaw dan Zeckendorf merupakan prinsipal dari Mandala Asset Solutions yang berbasis di Australia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement