Saingi Netflix hingga IndoXXI, Anak Usaha Gojek Galang Pendanaan

Desy Setyowati
8 Juni 2020, 10:18
Saingi Netflix hingga IndoXXI, Anak Usaha Gojek Galang Pendanaan
Gojek
Ilustrasi layanan GoPlay

Anak usaha Gojek, GoPlay mengumumkan penutupan putaran pendanaan independen pertamanya pada hari ini. Dana segar yang diperoleh akan digunakan untuk memperkuat teknologi, di tengah persaingan dengan pengembang platform video on-demand (VoD) lainnya seperti Netflix maupun situs streaming film ilegal seperti IndoXXI.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh ZWC Partners dan Golden Gate Ventures. Selain itu, diikuti oleh Openspace Ventures, Ideosource Entertainment, dan Redbadge Pacific.

Advertisement

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, penggalangan dana independen tersebut menunjukkan kepercayaan investor terhadap industri hiburan on-demand di Indonesia. Selain itu, mencerminkan besarnya potensi bisnis para kreator konten Tanah Air.

Karena itu, perusahaan berfokus meningkatkan teknologi GoPlay. “Kami bekerja keras membangun teknologi dan menyempurnakan fitur-fitur GoPlay selama setahun terakhir,” ujar Edi dikutip dari siaran pers, Senin (8/6).

(Baca: Soal Pajak Streaming Film: GoPlay Setuju, Iflix Tunggu Kantor Pusat)

Perusahaan juga ingin merangkul lebih banyak mitra yang memiliki keahlian mendalam di industri. Ini bertujuan memacu pertumbuhan bisnis GoPlay.

“Dengan menggabungkan sumber daya, keahlian para partner, dan rekam jejak Gojek di Indonesia, GoPlay berada dalam posisi yang tepat untuk dapat terus mendukung dan menumbuhkan industri kreatif,” kata Edi.

Perusahaan juga menilai bahwa para kreator butuh lebih banyak platform untuk menunjukkan bakat dan karyanya. “Kami melihat potensi besar yang belum dapat terpenuhi oleh industri bioskop. Kami bekerja keras untuk dapat menutup kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan terhadap konten berkualitas melalui teknologi,” ujar dia.

(Baca: Lawan IndoXXI hingga Lk21, Gojek Punya Tiga Strategi Lewat GoPlay)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement