Permintaan BBM Mulai Meningkat, Harga Minyak Naik ke Level US$ 41,44

Image title
26 Juni 2020, 08:50
harga minyak, bbm
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak naik dipicu permintaan bahan bakar yang mulai pulih meskipun kasus Covid-19 terus meningkat.

Harga minyak dunia merangkak naik pada perdagangan Jumat (26/6) waktu Indonesia. Kenaikkan tersebut dipicu optimisme pasar terhadap permintaan bahan bakar minyak atau BBM yang mulai pulih di seluruh dunia. 

Berdasarkan data Bloomberg pada hari ni pukul 07.35 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 0,95% ke level US$ 41,44 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 0,88% ke level US$ 39,06 per barel.

Advertisement

Data satelit menunjukkan ada peningkatan lalu lintas di Tiongkok, Eropa, dan Amerika Serikat (AS). Analis menilai hal itu sebagai pemulihan permintaan BBM.

Perusahaan teknologi lokasi TomTom menyatakan lalu lintas di jalanan Kota Shanghai dalam beberapa pekan terakhir lebih padat dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan, lalu lintas di Moskow hampir sama pada tahun lalu.

(Baca: Harga Minyak Mulai Naik, Menteri ESDM Tak Berencana Turunkan Harga BBM)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement