BEI akan Luncurkan Dua Indeks Pasar Modal Baru di Semester 2 Tahun ini

Image title
30 Juni 2020, 17:45
bursa efek indonesia, indeks pasar modal baru, idx quality 30, indeks tematik green investment
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Bursa Efek Indonesia akan meluncurkan dua indeks pasar modal baru pada semester II tahun ini, yakni IDX Quality 30 dan indeks tematik green investment.

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan dua indeks pasar modal baru yang dapat menjadi pertimbangan manajer investasi pada semester kedua tahun ini. Dua indeks tersebut yaitu IDX Quality 30 dan indeks tematik yang fokus pada investasi ramah lingkungan.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, indeks yang diluncurkan paling dekat yaitu pada Agustus 2020, adalah indeks IDX Quality 30. Indeks ini berisi 30 saham berorientasi pada pertumbuhan yang sudah disaring dari saham-saham penghuni indeks IDX80.

"Kami sebut indeks-indeks yang selama ini memiliki tingkat value investing yang bagus. Dilihat dari rasio-rasio kelayakan fundamentalnya," kata Hasan dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (30/6).

Hasan menjelaskan bahwa ada beberapa variabel yang dipertimbangkan dalam memiliki penghuni indek ini. Bursa memperhatikan komponen rasio return to equity (ROE), rasio debt to equity (DER), rasio pendapatan, profitabilitas perusahaan, dan struktur permodalan.

(Baca: BEI Luncurkan Dua Indeks Baru, Sektor Finansial Memimpin Bobot Saham)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...