India Blokir 59 Aplikasi Asal Tiongkok, Termasuk TikTok dan WeChat

Desy Setyowati
30 Juni 2020, 06:52
India Blokir 59 Aplikasi Asal Tiongkok, Termasuk TikTok dan WeChat
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok

Pemerintah India akhirnya melarang 59 aplikasi dari Tiongkok, termasuk TikTok dan WeChat. Kebijakan diambil setelah insiden bentrokan antara pasukan kedua negara di perbatasan Himalaya.

Akan tetapi, kementerian teknologi India mengaku bahwa pemblokiran tersebut bukan terkait bentrokan. “Aplikasi-aplikasi itu merugikan kedaulatan dan integritas, pertahanan, keamanan negara dan ketertiban umum,” kata kementerian dikutip dari Reuters, Selasa (30/6).

Advertisement

Mitra di firma hukum India Link Legal Santosh Pai menilai, langkah tersebut dapat menekan korporasi asal Negeri Panda. "Ini merupakan langkah tercepat dan paling kuat yang bisa diambil pemerintah untuk memberikan tekanan ekonomi pada perusahaan-perusahaan Tiongkok," kata dia.

Google dan Apple pun harus menghapus 59 aplikasi tersebut dari toko aplikasi mereka, yakni Play Store dan App Store. (Baca: Intelijen India Ingin Blokir 52 Aplikasi Tiongkok, Termasuk Tiktok)

Namun, Google mengatakan masih menunggu perintah langsung dari pemerintah. Sedangkan Apple enggan memberikan komentar.

Sebelumnya, Badan Intelelijen India menyodorkan daftar 52 aplikasi kepada pemerintah untuk diblokir. Beberapa di antaranya TikTok, WeChat, SHAREit, Bigo Live, Club Factory, Shein, dan Helo.

Kseputusan pemblokiran sebelumnya dianggap rumit. Alasannya, beberapa aplikasi sangat populer dan berdampak pada industri digital di India.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement