Pasar Respons Positif Data Inflasi Juni, IHSG Diprediksi Menguat

Image title
2 Juli 2020, 06:59
Pasar Respons Positif Data Inflasi Juni, IHSG Diprediksi Menguat.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Layar informasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG diprediksi melanjutkan penguatan pada perdagangan, Kamis (2/6).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan hari ini, Kamis (2/7). Rilis data inflasi dan optimisme pemulihan ekonomi diperkirakan menjadi salah satu sentimen positif pemicu peningkatan indeks hari ini. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG akan melanjutkan penguatan. Pada area resistence, indeks bergerak di level 4.952 hingga 4.933 dan area support pada rentang 4.890 hingga 4.866.

Resistance merupakan tingkat harga tertentu yang diyakini sebagai area tertinggi. Biasanya ada aksi jual cukup besar yang menghambat harga bergerak naik. Sementara support merupakan tingkat harga yang diyakini sebagai titik terendah. Di sini, investor kerap menjaga nilainya supaya tidak jatuh makin dalam.

Secara teknikal, IHSG masih bergerak dalam tren konsolidasi sehingga pergerakan akan cenderung terbatas. "Namun ada  potensi penguatan seiring meningkatnya bursa global dan didorong oleh optimisme pemulihan ekonomi," katanya.

(Baca: Mengawali Semester II, IHSG Hari Ini Ditutup Naik 0,18%)

Beberapa saham yang dia rekomendasikan untuk dapat dicermati investor hari ini, di antaranya PT PP Tbk (PTPP), PT Surya Citra media Tbk (SCMA), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya juga berpendapat senada. Menurutnya, indeks dalam negeri bakal bergerak mengalami penguatan, di level 4789 hingga 4971.

IHSG hingga saat ini terlihat masih bertahan di level konsolidasi wajar. "Namun peluang IHSG untuk keluar dari area konsolidasi wajarnya masih terbuka lebar selama support level dapat dipertahankan," katanya.

Sentimen pendorong indeks datang setelah Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data perekonomian terkait data inflasi. BPS mencatat, inflasi Juni 2020 sebesar 0,18%, yang salah satunya didorong oleh melonjaknya harga komoditas daging ayam ras di 86 kota.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...