Beroperasi Lagi, Industri Alas Kaki Butuh Bantuan Modal Kerja Rp 25 T

Image title
3 Juli 2020, 17:06
industri sepatu, alas kaki, modal kerja, bantuan modal kerja, pandemi corona.
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Ilustrasi. Industri alas kaki menjadi salah satu yang terpukul akibat pandemi corona.

Asosiasi Persepatuan Indonesia meminta bantuan modal kerja kepada pemerintah sebesar Rp 24,7 triliun untuk membiayai operasional selama tiga bulan ke depan. Industri alas kali ini merupakan salah satu yang paling terpukul akibat pandemi corona. 

Direktur Eksekutif Aprisindo Firman Bakri mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kebutuhan modal kerja tersebut kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia untuk disampaikan kembali kepada pemerintah. Dengan bantuan tersebut, industri padat karya ini diharapkan dapat kembali beroperasi dan menyerap tenaga kerja. 

"Pada prinsipnya sepanjang tiga bulan kemarin, kami masih harus membayar gaji karyawan tanpa ada pemasukan. Sekarang untuk mulai kembali bekerja, kami membutuhkan bantuan modal kerja," kata Firman kepada Katadata.co.id, Jumat (3/7).

Pemasukan yang minim dan biaya operasional yang terus berjalan membuat daya tahan perusahaan kian tipis. Meski berhenti berproduksi, industri tetap harus membayar sejumlah biaya, seperti iuran BPJS Kesehatan dan Ketenegakerjaan karyawan, tagihan listik, air, hingga telepon. 

(Baca: Erick Thohir Proyeksi Dividen BUMN 2021 Turun Menjadi Rp 15 Triliun)

Firman pun optimistis bantuan tersebut dapat  mampu menggerakkan kembali industri padat karya jika segera direalisasikan. Industri alas kaki saat ini juga tengah bersiap-siap untuk kembali produksi lantaran adanya kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar. Permintaan mulai tumbuh meski tipis. 

"Sekarang sudah muncul permintaan untuk ekspor maupun domestik dengan adanya pelonggaran PSBB dan pasar sudah mulai tergerak. Ketika  sudah ada pergerakan barang di retail, maka tentunya akan mendorong industri untuk menyuplai  retail," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...