Erick Thohir Proyeksi Dividen BUMN 2021 Turun Menjadi Rp 15 Triliun

Image title
3 Juli 2020, 10:29
Ilustrasi, Menteri BUMN Erick Thohir. Pemerintah memperkirakan dividen perusahaan BUMN tahun depan turun menjadi Rp 10-15 triliun.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi, Menteri BUMN Erick Thohir. Pemerintah memperkirakan dividen perusahaan BUMN tahun depan turun menjadi Rp 10-15 triliun.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperkirakan dividen dari perusahaan pelat merah pada 2021 turun drastis. Tahun depan, penerimaan negara dari penyisahan laba bersih diperkirakan berkisar Rp 10-15 triliun, jauh di bawah target tahun ini yang sebesar Rp 43 triliun.

"Dividen kemungkinan 25% dari target tahun ini, kira-kira kurang lebih Rp 10-15 triliun, padahal target awal proyeksinya di atas Rp 43 triliun," kata Menteri BUMN Erick Thohir, dalam sebuah acara diskusi virtual, Kamis (2/7).

Erick mengungkapkan, perkiraan penurunan dividen tersebut disebabkan adanya pandemi virus corona atau Covid-19 membuat 90% BUMN terkena dampak negatif. Dampaknya mulai dari supply, demand, operasional, hingga finansial.

Dari sisi supply, pasokan bahan baku menjadi terganggu dan supply tidak terserap. Sementara sisi demand, ada penurunan daya beli sehingga penjualan turun.

Operasional perusahaan BUMN pun terganggu, karena pembatasan dan penghentian operasional untuk penanggulangan penyebaran Covid-19. Sehingga berdampak pada sisi finansial, yaitu penunggakan pembayaran, kenaikan exposure pinjaman, penurunan likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) misalnya, diperkirakan mengalami penurunan profitabilitas dari capaian laba tahu lalu yang mencapai Rp 2,5 triliun. Pasalnya, meski operasional dihentikan, KAI berkomitmen tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

(Baca: Luncurkan Logo Baru BUMN, Erick Thohir Tak Mau Ada Lagi Kasus Hukum)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...