Geser Jack Ma, Orang Terkaya ke-2 Tiongkok Lepas Jabatan CEO Pinduoduo

Desy Setyowati
5 Juli 2020, 09:05
Geser Jack Ma, Orang Terkaya Kedua di Tiongkok Lepas Jabatan CEO
Pinduoduo
Ilustrasi perusahaan e-commerce Tiongkok, Pinduoduo

Pendiri Pinduoduo Colin Huang menggeser posisi Jack Ma sebagai orang terkaya kedua di Tiongkok pada akhir Juni lalu. Namun, pria berusia 40 tahun ini justru melepas jabatannya sebagai CEO di Pinduoduo.

Huang juga melepas sebagian sahamnya di perusahaan yang ia dirikan pada September 2015 ini. Alhasil, kepemilikan sahamnya turun dari 43,3% menjadi 29,4%.

Advertisement

Meski begitu, ia akan berfokus menentukan strategi jangka panjang perusahaan sebagai ketua dewan direksi. Mantan pegawai Google itu juga tetap mempertahankan hak suara mayoritas dari Pinduoduo 80,7%.

"Saya akan mundur dari manajemen operasional perusahaan. Saya bakal bekerja dengan tim yang relevan dan dewan direksi strategi jangka panjang,” kata Huang melalui surat yang ditujukan untuk karyawan, dikutip dari Asia Nikkei Review, akhir pekan lalu (3/7).

(Baca: Harga Saham Tencent Lampaui Alibaba, Kekayaan Jack Ma Digeser Bos PUBG)

Co-founder sekaligus Chief Technology Officer (CTO) Chen Lei akan mengambil alih posisi Huang sebagai CEO. Sedangkan Ma Jing, sebelumnya memegang bisnis Chanel China, akan bergabung sebagai wakil presiden keuangan.

"Saya berharap bahwa melalui perubahan manajemen, kita dapat secara bertahap menyerahkan lebih banyak tugas dan tanggung jawab manajerial kepada kolega muda. Memberi ruang dan peluang bagi tim untuk tumbuh, dan mendorong Pinduoduo untuk menjadi perusahaan yang lebih matang dengan semangat kewirausahaan yang berkelanjutan," katanya.

Pinduoduo bergerak di bidang e-commerce. Perusahaan ini juga terdaftar di Nasdaq dengan kapitalisasi pasar US$ 102 miliar.

Yang berbeda dari Pinduoduo, konsumen dapat berbelanja bersama kerabat dengan mengirimkan tautan. Semakin banyak yang membeli produk melalui tautan yang sama itu, maka harganya semakin rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement