Huawei Terancam Didepak, Samsung Siap Masuk Pasar 5G Inggris

Desy Setyowati
9 Juli 2020, 18:25
Huawei Terancam Didepak, Samsung Siap Masuk Pasar 5G Inggris
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, counter produk Samsung

Pemerintah Inggris mempertimbangkan untuk menghentikan keterlibatan Huawei dalam pengembangan jaringan internet generasi kelima (5G). Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung pun siap masuk ke pasar Inggris.

“Kami bisa, pasti,” kata Wakil presiden eksekutif Samsung Woojune Kim dikutip dari Reuters, Kamis (9/7). Pernyataan ini menjawab pertanyaan terkait kesiapan Samsung menyediakan layanan 5G di Inggris.

Samsung juga sudah melakukan diskusi komersial secara aktif dengan operator di Eropa untuk memasok peralatan jaringan. Perusahaan pun menginvestasikan sumber dayanya untuk pengembangan 4G, 5G dan 6G.

"Satu hal yang menjadi tantangan bagi Samsung memasuki pasar Inggris atau Eropa, lebih terkait dengan permintaan untuk teknologi Radio Access Network (RAN) tunggal, seperti 2G dan 3G," katanya kepada komite pembuat undang-undang Inggris.

(Baca: Kerja Sama 5G Terancam Batal, Huawei Peringatkan Pemerintah Inggris)

Hal itu disampaikan ketika Inggris mempertimbangkan untuk membatasi keterlibatan Huawei dalam pembangunan jaringan 5G. The Daily Telegraph bahkan melaporkan, pemerintah Inggris akan menghentikan pemasangan peralatan teknologi baru Huawei untuk 5G dalam enam bulan ke depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...