Kasus Naik, Jokowi Minta Gugus Tugas Kendalikan Covid di 8 Provinsi

Dimas Jarot Bayu
13 Juli 2020, 12:18
Kasus Naik, Jokowi Minta Gugus Tugas Kendalikan Covid di 8 Provinsi.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau salah satu pusat perbelanjaan, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Jokowi minta Gugus Tugas memfokuskan penanganan Covid-19 di 9 provinsi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memfokuskan upaya pemeriksaan, penelusuran, dan perawatan (testing, tracing, dan treatment atau 3T) kasus positif virus corona di delapan provinsi di Indonesia. Langkah ini dilakukan guna merespons peningkatan jumlah kasus corona di Tanah Air. 

Beberapa provinsi tersebut antara lain Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Papua.

Menurut Jokowi, ketiga upaya tersebut perlu diprioritaskan mengingat delapan provinsi tersebut merupakan wilayah dengan jumlah kasus positif corona tertinggi di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia baru menembus rekor baru kasus corona sebanyak 2.657 orang pada Kamis (9/7).

(Baca: Kasus Covid-19 Melonjak, Anies Ultimatum Warga Jakarta)

"Saya minta ini diberikan prioritas khusus untuk yang testing, tracing. dan treatment ini di delapan provinsi," katanya  saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7).

Jokowi  juga mengatakan, target pemeriksaan sebesar 30 ribu spesimen harus bisa dicapai. Untuk itu, presiden memerintahkan segera dilakukan penambahan laboratorium di sejumlah daerah yang juga diikuti dengan penambahan mobile lab BSL-2 untuk tes PCR.

"Kami harapkan nantinya target sesuai yang saya sampaikan bisa tercapai," ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...