OPEC Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Berangsur Naik

Image title
15 Juli 2020, 08:59
OPEC Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Berangsur Naik.
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak dunia jenis brent dan WTI perlahan naik usai OPEC+ bersepakat memangkas produksi minyak.

Harga minyak mentah dunia mulai beranjak naik pada perdagangan Rabu (15/4) waktu Indonesia. Kenaikan ini terjadi setelah OPEC dan sekutunya sepakat memperpanjang pemangkasan produksi minyak untuk mengendalikan harga jual di tengah pandemi corona

Meski begitu, kekhawatiran akan minimnya permintaan masih membayangi pasar seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Mengutip Bloomberg pada pukul 08.45 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak pengiriman September 2020 naik 0,42% menjadi US$ 43,08 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 0,42% menjadi US$ 40,46 per barel.

(Baca: Ketegangan AS-Tiongkok Meningkat, Harga Minyak Tergelincir 1%)

Harga minyak mentah berjangka menguat di perdagangan setelah American Petroleum Institute, menyebut persediaan minyak mentah AS turun lebih dari yang diperkirakan pada seminggu terakhir. Sementara, analis memperkirakan cadangan BBM AS turun 600.000 barel dengan persediaan minyak mentah 2,1 juta barel pekan lalu.

Di sisi lain, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia atau OPEC+, telah meningkatkan kepatuhan untuk mengurangi produksi minyak yang disepakati sebelumnya.

OPEC + akan mengurangi rekor penurunan produksi dari 9,7 juta barel per hari (bph) menjadi 7,7 juta bph dari Agustus hingga Desember.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement