10 Destinasi Wisata Pantai Gunungkidul

Image title
8 Oktober 2021, 14:15
Pantai Sundak, salah satu pantai Gunungkidul yang ramai dikunjungi wisatawan.
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20190929059.jpg
Pantai Sundak, salah satu pantai Gunungkidul yang ramai dikunjungi wisatawan.

Yogyakarta memiliki limpahan destinasi wisata. Mulai dari wisata kuliner, budaya, hingga wisata perkotaan siap menyambut pengunjung untuk bertamu. Bukan hanya itu, kota pelajar ini juga memiliki destinasi alam yang tak kalah memukau.

Kabupaten Gunungkidul jadi salah satu lokasi andalan masyarakat Yogyakarta yang hendak berpelesir ke pantai. Daerah ini memiliki jajaran pantai, mulai dari yang telah terjamah sampai yang masih sepi dan asri. Hampir sebagian besar pantai memiliki pasir putih dan air laut jernih.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 destinasi wisata Pantai Gunungkidul:

1. Pantai Siung

Pantai yang memiliki batu-batu karang berukuran besar ini berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Dalam bahasa Jawa, Siung berarti gigi taring. Nama pantai ini terinspirasi dari sebuah batu karang besar berbentuk seperti gigi kera atau disebut Siung Wanara.

Pantai Siung sering dimanfaatkan sebagai lokasi panjat tebing, karena memiliki lebih dari 250 jalur panjat tebing yang menantang untuk ditaklukan.

Pantai yang berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini menyediakan area camping bagi pengunjung yang hendak bermalam.

2. Pantai Indrayanti

Destinasi wisata dengan garis pantai yang cukup panjang ini berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru nan jernih.

Selain asri, Pantai Indrayanti juga sudah dilengkapi berbagai prasarana memadai, mulai dari restoran, kafe, hingga deretan penginapan tempat pengunjung beristirahat.

Selain itu, pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Pulang Sawal ini menyediakan gazebo-gazebo sebagai tempat bagi pengunjung bersantai, sembari menikmati sejuknya Pantai Indrayanti.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal memiliki pasir putih yang lembut dan diselimuti oleh tebing-tebing karang yang memanjakan mata.

Pantai yang mulai populer sejak 2012 ini memiliki keunikan, yakni keberadaan sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah.

Ketika air laut surut, pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini akan menampakan bebatuan karang dan ikan yang siap ditangkap. Ombak di pantai ini masih cukup tenang untuk sekadar bermain air. Ada juga payung-payung yang  disewakan bagi pengunjung yang ingin berteduh.

Di sisi timur Pantai Pok Tunggal terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi. Wisatawan bisa mendaki bukit dengan melewati jalan setapak di sebelah timur pantai.

4 .Pantai Sadranan

Masyarakat setempat sering menjadikan Pantai Sadranan sebagai tempat berkegiatan religi. Pasir putih, ombak tenang, dan air yang jernih menjadikan Pantai Sadranan sebagai lokasi andalan masyarakat Yogya untuk menjelajar area bawah laut alias snorkeling.

Jika pengunjung tidak memiliki peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya dari jasa penyewaan alat snorkeling di sekitaran pantai dengan harga terjangkau. 

Pengunjung juga bisa duduk santai di gazebo-gazebo yang tersedia di bibir pantai. Lokasi Pantai Sadranan ini hanya berjarak sekitar dua jam dari pusat Kota Yogya.

5. Pantai Sundak

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...