Ini Alasan Vaksinasi Covid-19 di Gunungkidul Digelar Malam Hari

Rizky Alika
7 September 2021, 19:44
vaksinasi covid-19, vaksin corona, covid-19
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021)

Vaksinasi Covid-19 di Gunungkidul, Yogyakarta digelar pada malam hari. Ini karena sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dan peternak.

Inisiator Vaksinasi Gunungkidul dan gerakan Bakti Rakyat Untuk Negeri Christian Prasetya Soebagio menyampaikan, mereka tidak bisa meninggalkan pekerjaan untuk vaksinasi Covid-19 pada siang hari.

Oleh karena itu, vaksinasi Covid-19 digelar pada malam hari. "Masyarakat biasanya pulang sore. Ini bisa dilihat dari arus balik ke Gunung Kidul yang macet saat sore," kata Chris kepada Katadata.co.id, Selasa (7/9).

Komunitas Loro Blonyo pun mengadakan layanan vaksinasi 24 jam selama 4 - 18 September. Lokasinya di Kolam Renang Tirto Bhakti Utomo Kodim 0730 Gunungkidul.

Dengan demikian, masyarakat bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 tanpa mengganggu pekerjaan. "Kalau semakin malam semakin ramai, kami akan melayani," ujar dia.

Vaksin yang digunakan untuk dosis pertama dan kedua yakni Sinovac. Vaksinasi Covid-19 ini terbuka bagi masyarakat umum dan usia 12 tahun ke atas.

Vaksinasi Covid-19 itu didukung oleh Kepala Badan Intelijen Strategis TNI Joni Supriyanto, Loro Blonyo, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Polres Gunungkidul, dan South Shore Yogyakarta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...