Dorong Swasembada, Bank Mandiri Dukung Petani Jagung Kabupaten Dompu

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
24 Maret 2022, 18:55
Petani jagung
mandiri

Bank Mandiri bersinergi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Pemerintah Kabupaten Dompu dan PT Seger Agro Nusantara (PT SAN) melakukan panen raya jagung di Desa Saneo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat pada Kamis, (24/3). 

Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pencapaian swasembada pangan nasional.

Salah satunya dengan mendorong pemberdayaan dan pengembangan sektor pertanian, khususnya tanaman jagung. 

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K Triprakoso mengatakan, panen raya ini merupakan bentuk sinergi yang melibatkan banyak stakeholder melalui skema closed loop

Misalnya PT SAN sebagai  perusahaan offtaker yang membina petani-petani jagung di Kabupaten Dompu, Bank Mandiri sebagai penyedia fasilitas pembiayaan petani, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai pembina produk Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta dukungan dari pemerintah daerah setempat. 

Menurut Josephus, melalui panen raya ini, petani-petani jagung debitur KUR Bank Mandiri secara keseluruhan telah merasakan manfaat dari sinergi yang telah dibangun. 

“Kami harap panen raya ini, dapat memunculkan antusiasme petani-petani jagung lain untuk segera bergabung dalam skema closed loop ini”, kata dia melalui siaran pers, Kamis (24/3). 

Dia menjelaskan, panen raya kali ini merupakan panen pertama pada 2022 yang berasal dari masa tanam November 2021. Adapun, rata-rata petani jagung mitra PT SAN debitur Bank Mandiri menghasilkan tujuh ton jagung per hektar lahan. 

Josephus menjelaskan, skema closed loop menawarkan kepastian pembelian hasil panen jagung petani oleh PT SAN. Penyediaan sarana produksi pertanian (Saprotan) yang dibantu oleh Mandiri Agen dan juga kemudahan pembayaran angsuran kredit melalui sistem  pembayaran setelah panen (yarnen). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...