RUPTL Tak Kunjung Rampung, ESDM Beri Tenggat ke PLN

Image title
2 Februari 2021, 16:22
ruptl, listrik, pln, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.
Ilustrasi. RUPTL periode 2021-2030 hingga kini tak kunjung rampung.

Rencana usaha penyediaan tenaga listrik atau RUPTL periode 2021-2030 hingga kini tak kunjung rampung. Padahal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya menargetkan dapat selesai pada akhir Januari lalu.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu mengatakan telah melakukan evaluasi dan mengembalikan draf rencana usaha itu ke PLN untuk diperbaiki. “Tenggatnya sampai pertengahan Februari. Evaluasi, lalu masuk substansi," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (2/2).

Advertisement

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan penyusunan RUPTL masih berlangsung. Pemerintah tetap berkomitmen pada Perjanjian Paris, untuk target bauran energi sebesar 23% di 2025.

Menurut dia, pemerintah memang masih terus melakukan diskusi dengan PLN terkait draf setebal 841 halaman itu. Menteri ESDM Arifin Tasrif disebut memberikan beberapa perbaikan. “Sudah menuju ke arah selesai,” ujar Rida.

Pandemi Covid-19 telah berpengaruh besar pada proyek listrik yang ada dalam RUPTL. Dampaknya, ada jadwal pengoperasian yang terpaksa tertunda.

Pemerintah juga mempertimbangkan mengurangi jumlah pembangkit yang akan dibangun pada 2030. Pengurangan kapasitasnya mencapai 15,5 gigawatt. “Dengan sendirinya jumlah tambahan pembangkit akan berkurang dalam 10 tahun ke depan,” katanya.

Rida memperkirakan rata-rata pertumbuhan listrik tahun ini hanya sekitar 4,9%. Angkanya turun dibandingkan proyeksi sebelumnya di 6,4%.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement