Tanggapi Isu Nikel Kotor, Antam: Proses Tambang Sudah Berkelanjutan

Image title
2 Juli 2021, 16:14
antam, nikel, nikel kotor
ANTARA FOTO/Jojon/hp.
Foto udara, areal pabrik pengolahan ore nikel milik PT Antam Tbk di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Sabtu (5/6/2021).

Aneka Tambang (Antam) menegaskan senantiasa menerapkan praktik-praktik pertambangan yang baik (good mining practice) dalam pengelolaan seluruh komoditas perusahaan.

Ini seiring dengan tudingan pihak asing yang menyebut nikel produksi Indonesia sebagai nikel kotor karena penambangannya tidak memperhatikan aspek lingkungan. Nikel adalah salah satu komoditas yang dihasilkan Antam.

"Good mining practice sudah dilakukan di seluruh unit bisnis. Mulai dari penambangan, pengolahan mineral, pengelolaan lingkungan, penerapan K3, hingga pengembangan masyarakat, sejak tambang beroperasi sampai pasca tambang," kata Senior Vice President (SVP) Antam Yulan Kustiyan kepada Katadata.co.id, Jumat (2/7).

Antam memiliki kebijakan lingkungan dan Antam Green Standard (AGS) yang menjadi dasar pelaksanaan good mining practice. Ini diwujudkan melalui perencanaan, identifikasi, pengelolaan risiko, dan monitoring lingkungan. Antam juga mengacu pada kebijakan holding industri pertambangan yakni pedoman strategis K3LH.

Yulan mengatakan untuk tahapan implementasi, pengelolaan dampak lingkungan di seluruh area Antam berpedoman pada dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) & Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL), serta Rencana Pascatambang (RPT) yang telah disepakati.

"Antam juga telah mengimplementasi sistem manajemen lingkungan ISO 14001 untuk mempertahankan kinerja di seluruh unit bisnis," ujarnya.

Di samping itu, komitmen Antam dalam melaksanakan good mining practice dan pengelolaan lingkungan yang baik juga tergambar dari pencapaian 1 peringkat PROPER Hijau dan 6 Peringkat Poper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, atas kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup tahun 2019-2020.

Antam juga meraih Trofi Lingkungan dan Penghargaan Pengelolaan Konservasi dari Ditjen Minerba di tahun 2020. Kemudian perusahaan juga secara terbuka menyampaikan laporan keberlanjutan Perusahaan yang dipublikasikan setiap tahun.

Bijih Nikel
Bijih Nikel (PT Antam TBK)

Dalam proyek baterai listrik, Antam bersama MIND ID akan menangani sektor hulu tambang nikel, sementara produk tengah hingga ke hilir akan dikerjakan oleh Pertamina dan PLN.

Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Rizal Kasli mengatakan proses penambangan nikel di seluruh dunia adalah sama. Yang membedakan hanyalah aturan dan pengawasan suatu negara terhadap industri pertambangan.

"Aturan atau tata kelola pertambangan di Indonesia sudah sangat baik, mengikuti praktik good mining practice. Sehingga, tidak ada alasan untuk menyebut nikel Indonesia sebagai produk tidak ramah lingkungan," ujarnya.

Bahkan begitu banyak negara yang sudah menggunakan sumber daya alam nikel Indonesia. Banyak perusahaan sudah menerapkan standar yang tinggi dalam pengelolaan operasionalnya terutama dengan memperhatikan keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...