Dipasok Listrik PLN, Smelter Feronikel Antam Beroperasi Tahun ini

Image title
16 Februari 2022, 15:27
smelter, feronikel, antam, mind id
123RF.com/Chutima Chaochaiya
Ilustrasi smelter minerba.

Holding BUMN Pertambangan, MIND ID memastikan pabrik pemurnian dan pengolahan mineral atau smelter Feronikel PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Tanjung Buli, Halmahera Timur, Maluku Utara, akan beroperasi pada kuartal IV tahun ini.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso membeberkan bahwa penyediaan listrik untuk pabrik Feronikel Haltim akan dipasok oleh PLN. Sehingga persoalan listrik yang sempat membelit pengoperasian smelter tersebut kini dapat teratasi.

Advertisement

"(Smelter) FeNi Haltim (Halmahera Timur) kabar baik, suplai listriknya akan tersedia tahun ini. Disediakan oleh PLN dan bisa beroperasi untuk produksi di kuartal keempat," kata Hendi dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, Rabu (16/2).

Hendi menyebut smelter tersebut dapat beroperasi dengan kapasitas optimal mulai tahun depan. Senior Vice President Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan sebelumnya mengatakan smelter Feronikel Haltim direncanakan mempunyai kapasitas produksi sebesar 13.500 TNi.

Jika pembangunan ini selesai, smelter Feronikel Haltim akan menambah portofolio kapasitas produksi tahunan menjadi 45.500 TNi. Menurut Yulan, dengan ketersediaan listrik yang ada saat ini, pihaknya juga telah menyelesaikan uji coba tanpa beban (no load test) terhadap Smelter.

Untuk diketahui, Kementerian ESDM mencatat sebanyak 12 proyek pembangunan smelter saat ini tengah mengalami kendala pendanaan. Adapun kebutuhan dana yang diperlukan untuk pembangunan smelter tersebut mencapai US$ 4,5 miliar atau lebih Rp 64 triliun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement