Darmawan Prasodjo, Bos Baru PLN yang Mengusung Ekonomi Hijau

Image title
6 Desember 2021, 11:24
darmawan prasodjo, pln, zulkifli zaini
Katadata
Direksi PLN saat Erick Thohir melantik Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama.

Kementerian BUMN baru saja mencopot Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Perser0). Orang nomor satu di perusahaan pelat merah ini lalu digantikan oleh Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Lalu siapa Darmawan Prasodjo ini? Berdasarkan info yang dihimpun Katadata.co.id, pria kelahiran Magelang 19 Oktober 1970 ini seorang akademisi yang juga dekat dengan dunia politik. Sebelum menjadi Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan sempat menjabat sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) sejak 2 April 2015 hingga 18 Oktober 2019.

Advertisement

Sebelumnya ia diangkat sebagai Wakil Direktur Utama PLN berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Nomor SK-325/MBU/12/2019 tanggal 23 Desember 2019. Ia juga sempat menduduki kursi komisaris PLN tahun 2018-2019.

Darmawan atau yang akrab dipanggil Darmo meraih gelar Bachelor of Computer Science dari Texas A&M University pada 1994, Master of Computer Science dari Texas A&M University pada 2000 lalu menyelesaikan gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber daya alam di Texas A&M University berkolaborasi dengan Duke University 2011.

Setelah itu ia aktif sebagai ekonom energi yang selama 15 tahun berkarir di Amerika Serikat (AS), setelah menyelesaikan studinya ia menjadi konsultan sekaligus peneliti di Texas A&M University dan Duke University.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement