Investasi Minerba Diramal Cerah Ditopang Booming Harga Komoditas

Image title
21 Januari 2022, 16:57
investasi minerba, harga komoditas, pertambangan
http://bumiresources.com/
Tambang batu bara.

Investasi di sektor mineral dan batu bara (minerba) pada tahun ini diprediksi masih cerah. Hal ini seiring dengan kenaikan harga komoditas pertambangan yang diyakini masih terus berlanjut hingga akhir tahun 2022.

Kementerian ESDM sendiri menetapkan target investasi pada tahun ini sebesar US$ 5,01 miliar, angka tersebut lebih tinggi 10,79% dibandingkan capaian 2021 yang sebesar US$ 4,522 miliar.

Advertisement

Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira menilai kenaikan harga komoditas di sektor pertambangan baik batu bara dan nikel diproyeksi akan terus berlanjut hingga akhir 2022. Hal tersebut sejalan dengan normalisasi ekonomi di negara tujuan ekspor utama.

Indikator lainnya adalah LME Index (London Metal Exchange) yang telah meningkat 33,2% dibanding tahun lalu sehingga berada pada level 4.687. Tren dari LME Index menjadi petunjuk bahwa Indonesia bisa menikmati investasi minerba lebih tinggi di 2022.

"Beberapa perusahaan di sektor pertambangan tengah agresif meminta pinjaman di bank untuk pendanaan alat berat atau barang modal," kata Bhima kepada Katadata.co.id, Jumat (21/1).

Selain itu, pertumbuhan kredit investasi di sektor pertambangan dan penggalian per November 2021 telah mencapai 26,4%. Perusahaan pun sudah siap ekspansi di 2022. Meskipun ada ketidakpastian soal kebijakan ekspor, tapi pada akhirnya pemerintah mengakomodir kepentingan dari perusahaan batu bara.

Namun ada dua tantangan besar di sektor minerba, yakni gangguan rantai pasok dan mahalnya shipping cost untuk ekspor masih berlanjut; dua, standardisasi lingkungan atau ESG (environment, social, governance) yang makin dibutuhkan bagi perusahaan pertambangan dalam mencari sumber permodalan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement