Inflasi Melonjak, Harga Minyak Turun Tajam ke Bawah US$ 100/Barel

Syahrizal Sidik
31 Agustus 2022, 07:17
Inflasi Melonjak, Harga Minyak Turun Tajam ke Bawah US$ 100/Barel
Medco Energi
Ilustrasi produksi minyak

Harga minyak dunia pada perdagangan Rabu pagi mengalami penurunan paling tajam dalam sebulan terakhir ini.

Anjloknya harga minyak dipicu meningkatnya kekhawatiran permintaan bahan bakar akan melemah karena sejumlah bank sentral mengerek suku bunga untuk melawan lonjakan inflasi. Selain itu kerusuhan yang terjadi di Irak gagal mengurangi ekspor negara OPEC.

Advertisement

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Oktober anjlok sebesar US$ 5,78 atau 5,5% menjadi US$ 99,31 per barel dari sebelumnya di level US$ 105,9 per barel. Adapun, kontrak Oktober yang berakhir pada Rabu dan kontrak November yang lebih aktif berada di US$ 97,84, jatuh 4,9%

Sedangkan, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS tergelincir US$ 5,37 atau 5,5%, menjadi ditutup pada US$ 91,64 per barel.

Dengan inflasi mendekati dua digit di sejumlah negara maju, bank sentral menggunakan strategi menaikkan suku bunga yang lebih agresif untuk memperlambat pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar.

Bank Sentral Eropa (ECB) akan memasukkan kenaikan suku bunga 75 basis poin di antara opsi untuk pertemuan kebijakan September, kata pembuat kebijakan Estonia, Madis Muller pada Selasa (30/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Data menunjukkan, inflasi Jerman pada Agustus naik ke level tertinggi pada lima dekade terakhir. Sedangkan, bank sentral Hongaria menaikkan suku bunga dasarnya sebesar 100 basis poin menjadi 11,75 persen.

Taruhan pada kenaikan suku bunga Fed besar lainnya juga mendorong dolar. Greenback yang lebih kuat membuat minyak dalam denominasi dolar lebih mahal bagi pembeli dengan mata uang lain.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement