Kandungan CO2 Tinggi, Pertamina Lepas Lapangan AL di Blok East Natuna

Muhamad Fajar Riyandanu
30 November 2022, 12:51
pertamina, east natuna, blok migas, wk migas,
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi lapangan migas.

Pertamina mengajukan pengembalian pada lapangan struktur AL di Wilayah Kerja (WK) migas East Natuna yang areanya disebut mengandung CO2 berlebih.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Arya Dwi Paramita, mengatakan perseroan masih mempertahankan sebagian WK East Natuna, Riau. WK East Natuna memiliki area yang luas, di mana salah satunya terdapat reservoir gas raksasa.

"Dalam proposal PSC WK East Natuna tersebut, daerah yang kaya CO2 termasuk struktur AL rencananya akan dikembalikan ke negara dan Pertamina akan fokus untuk mempercepat ekplorasi prospek-prospek yang sudah diidentifikasi," kata Arya kepada Katadata.co.id, Rabu (30/11).

Saat ini Pertamina sedang memfinalisasi proposal untuk pengajuan kontrak bagi hasil atau production sharing contract (PSC) sebagai proses kemitraan dengan salah satu perusahaan migas untuk bersama-sama mengelola WK East Natuna.

"WK East Natuna juga mempunyai prospek eksplorasi yang memerlukan kajian lebih lanjut dan Pertamina akan fokus untuk mempercepat eksplorasi prospek-prospek yang sudah diindentifikasi," ujarnya.

Adapun Pertamina bersama LAPI ITB telah bekerja sama untuk melaksanakan Studi Geologi dan Geofisika atau Studi G&G pada Area East Natuna. Berdasarkan hasil studi tersebut, terdapat potensi-potensi ekplorasi minyak yang signifikan di East Natuna.

"Untuk mendukung rencana eksplorasi di wilayah tersebut, sejak tahun 2020 Pertamina mengkaji konsep eksplorasi minyak yang diharapkan dapat dikembangkan lebih cepat," kata Arya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...