Manfaatkan Air Sungai, PLN Serap Listrik PLTM Wae Lega di Flores

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
4 April 2023, 21:51
PLN dan PT Gistec Prima Energindo bersepakat dalam transaksi jual beli listrik.
PLN
Perwakilan PT PLN dan PT Gistec Prima Energindo menyepakati PJBTL di Kantor PLN UIW NTT di Kupang, pada Jumat (24/3/2023).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (PJBTL) dengan PT Gistec Prima Energindo. Kerja sama keduanya dilakukan untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Wae Lega di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Optimalisasi pembangkit berkapasitas 1,75 megawatt (MW) itu merupakan langkah PLN untuk mendorong transisi energi.

Kontrak PJBTL ini berlangsung selama 25 tahun dengan skema build, own, operate, and transfer (BOOT). Harga jual yang disepakati sekitar 78,97 persen dari biaya pokok produksi (BPP) pembangkitan tahun 2020 pada sistem kelistrikan Flores bagian barat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Fintje Lumembang, mengatakan PJBTL ini akan meningkatkan bauran energi baru terbarukan, sekaligus menurunkan BPP listrik di Flores.

“Percepatan suplai EBT ini mendukung target net zero emission di tahun 2060, selaras dengan kebijakan pemerintah dan untuk menekan BPP tenaga listrik. Sehingga, penyediaan listrik jadi lebih efisien dan berkelanjutan,” ungkap Fintje dalam keterangan tertulis, Selasa (4/4).

Potensi penghematan BPP dari PJBTL ini mencapai Rp38,7 miliar per tahun. Kapasitas PLTM Wae Lega sendiri saat ini setara dengan 2,12 persen kelistrikan di Flores.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...